Date Log
Peningkatan Cinta Produk Dalam Negeri (Etnosentrisme) Dalam Melawan Serangan Produk Korea Selatan di Indonesia
Corresponding Author(s) : Nur Luthfiah Palowa
Policy Brief Pertanian, Kelautan, dan Biosains Tropika,
Vol. 4 No. 3 (2022): Policy Brief Pertanian, Kelautan dan Biosains Tropika
Abstract
Fenomena Korean Wave memberikan dampak pada etnosentrisme dan perilaku pembelian konsumen di Indonesia. Perilaku pembelian dan etnosentrisme pada konsumen di Indonesia dipengaruhi oleh propaganda yang dibentuk melalui berbagai media , yang membangun persepsi tentang negara Korea Selatan sebagai sebuah negara yang maju dalam teknologi. Selain itu, rasa kesetiaan nasional seorang konsumen atau patriotisme juga mempengaruhi etnosentrisme dan perilaku pembelian pada sebuah produk produk. Produk lokal menurut konsumen Indonesia masih kurang baik. Dengan demikian, penting untuk mendapatkan dukungan masyarakat Indonesia melalui evaluasi produk yang disampaikan pada pebisnis lokal. Pebisnis lokal pun dapat bekerjasama dengan pemasok lokal dan mendapatkan dukungan dari pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan menyediakan pelatihan dan pameran produk Indonesia, sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat In donesia bahwa produk yang dihasilkan oleh pebisnis lokal Indonesia dapat bersaing dengan produk Korea Selatan maupun produk dari negara lain.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
Asian Development Bank. 2021. Asian Economic Integration Report 2021. Manila. Balabanis G, Diamantopoulos A. 2004. Domestic Country Bias, Country-of-Origin Effects, and Consumer Ethnocentrism: A Multidimensional Unfolding Approach. J Acad Mark Sci. 32(1):80–95. 311 doi:10.1177/0092070303257644.
CNN Indonesia. 2016. Dalam Sehari, 9.210 Bungkus Mi Samyang Terjual di Indonesia. CNN Indones., siap terbit. [diakses 2021 Nov 19]. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20161015060604-262-165660/dalam-sehari-9210-bungkus-mi-samyang-terjual-di-indonesia.
Degoma A. 2014. The Effect of Country of Origin Image on Purchase Intention: A Case Study on Bahir Dar University Instructors. J Account Mark. 3(1):1–5. doi:10.4172/2168-9601.1000109.
Ghani NHA, Mat NKN. 2017. Malaysian Consumers Ethnocentrism : The Measurement Scale and Index. Int Rev Manag Mark. 7(1):521–528. https://doaj.org/article/f27bc82f129a48929dfe2f2710bed6c2.
Jin DY. 2018. Transnationalism, cultural flows, and the rise of the Korean Wave around the globe. Int Commun Gaz. 81(2):117–120. doi:10.1177/1748048518802911.
Khairani Z, Abdillah MR. 2018. Sikap Terhadap Kampanye 100% Cinta Indonesia, Etnosentrisme Konsumen, Dan Kesediaan Membeli Produk Lokal Indonesia. J Daya Saing. 4(3):269–275. doi:10.35446/dayasaing.v4i3.282.
Kompas TV. 2021. Ajakan Presiden Jokowi: Cinta Produk dalam Negeri, Benci Produk Asing. KompasTV., siap terbit. [diakses 2021 Sep 28]. https://www.kompas.tv/article/152255/ajakan-presiden-jokowi-cinta-produk-dalam-negeri-benci-produk-asing.
Korean Culture Center NY. 2020. Industrial Brand Leaders and Korean Industrial Standards. Korean Cult Cent NY., siap terbit. [diakses 2021 Sep 29]. https://www.koreanculture.org/korea-information-economy.
Liputan6. 2021. Dunia Sorot Riuh BTS Meal McDonald’s di Indonesia. Liputan6., siap terbit. [diakses 2021 Sep 30]. https://www.liputan6.com/global/read/4580012/dunia-sorot-riuh-bts-meal-mcdonalds-di-indonesia. Marinković V, Stanišić N, Kostić M. 2011. Consumer Ethnocentrism of Serbian Citizens. Sociologija. 53(1):43–58. doi:10.2298/SOC1101043M.
MartinRoll. 2020. Korean Wave (Hallyu)- The Rise of Korea’s Cultural Economy & Pop Culture. MartinRoll., siap terbit. [diakses 2021 Okt 21]. https://martinroll.com/resources/articles/asia/korean-wave-hallyu-the-rise-of-koreas-cultural-economy-pop-culture/.
Matić M. 2013. The Impact of Demographic and Socio-Psychological Factors on Consumers Ethnocentric Tendencies in Croatia. Econ Res Istraživanja. 26(3):1–14. doi:10.1080/1331677x.2013.11517618.
[MCST] Ministry of Culture, Sports and T. 2020. Korea to Drive New Hallyu and foster a Cultural Economy with Content Intellectual Property in The Contactless Era. MCST., siap terbit. [diakses 2021 Sep 27]. http://www.mcst.go.kr/english/ministry/press/pressView.jsp?pSeq=6.
Nguyen XT. 2019. Factors Impacting on Korean Consumer Goods Purchase Decision of Vietnam’s Generation Z. J Distrib Sci. 17(10):61–71. doi:10.15722/jds.17.10.201910.61.
Ogunyomi OO, Daisi OR, Oluwashikemi RA. 2013. Economic Globalization, Income Inequality and Economic Growth in Nigeria: A Static Data Analysis (1986-2010). ABC J Adv Res. 2(2):130–143. doi:10.18034/abcjar.v2i2.25.
Ratriyana IN. 2018. Global Brand Perception in Indonesian Young Consumer. KnE Soc Sci. 3(10):357. doi:10.18502/kss.v3i10.2921.
Renko N, Crnjak Karanović B, Matić M. 2012. Influence of Consumer Ethnocentrism on Purchase Intentions: Case of Croatia. Ekon misao i praksa časopis Sveučilista u Dubrovniku. 21(2):529–544. https://www.proquest.com/openview/6147b3b51f14907be8e3e1cef405550b/1.pdf?pq-.
Rispawati, Sumardi L. 2020. Why does nationalism high or low? Revealing factors affecting nationalism. Int J Sci Technol Res. 9(2):2539–2544. https://www.semanticscholar.org/paper/Why-Does-Nationalism-High-Or-Low-Revealing-Factors-Rispawati Sumardi/30fed6ba530612db8b39c575d4ae6b73d8fdcd80.
Vabø M, Hansen H. 2016. Purchase intentions for 312 domestic food: a moderated TPB-explanation. Br Food J. 118(10):2372–2387. doi:10.1108/BFJ-01-2016-0044. Xin L, Seo S. 2020. The role of consumer ethnocentrism, country image, and subjective knowledge in predicting intention to purchase imported functional foods. Br Food J. 122(2):448–464. doi:10.1108/BFJ-05-2019-0326.