Date Log
Peningkatan Keberdayaan Konsumen Penyandang Disabilitas
Corresponding Author(s) : Fauzia Rahmi
Policy Brief Pertanian, Kelautan, dan Biosains Tropika,
Vol. 4 No. 3 (2022): Policy Brief Pertanian, Kelautan dan Biosains Tropika
Abstract
Konsumen yang berdaya adalah konsumen yang mengetahui hak dan kewajibannya sebagai konsumen, serta berani untuk menyampaikan keluhan. Penyandang disabilitas termasuk pada golongan masyarak at yang rentan dan berhak untuk menerima perlindungan khusus dari lingkungannya. Indeks keberdayaan konsumen penyandang disabilitas masuk dalam kategori tidak berdaya. Hasil skor berdasarkan traffic light system menunjukkan penyandang disabilitas memiliki skor terendah pada dimensi pengetahuan konsumen. Oleh karena itu, perlu adanya kerjasama antara lembaga perlindungan konsumen dan pemerintah untuk meningkatkan keberdayaan konsumen penyandang disabilitas di Indonesia. Salah satunya dengan meningkatkan pengetahuan konsumen terkait hak dan kewajiban konsumen.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
Kim WS, Kim DH. 2011. Development and application of socioeconomic assessment indicators for an ecosystem-based 306 fisheries management: An application of traffic light system method. The Journal of Fisheries Business Administration. 42(1): 71-83. https://www.koreascience.or.kr/article/JAKO201129362559258.page BPKN. 2021. BPKN Terima 2.181 Pengaduan Konsumen per 22 April.
CNN Indonesia. Pemerintah Pusat. 1999. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999. Pemerintah Pusat. 2016. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016. http://biblioteca.ibge.gov.br/visualizacao/monografias/GEBIS - RJ/RBG/RBG 1995 Putri RRE,
Simanjuntak M. 2022. Jurnal Manajemen Indonesia Consumer Empowerment Index in the Telecommunications Sector : The Role Of Socio-Demographic and Lifestyle. 22(1):47–60. doi:10.25124/jmi.v22i1.3214. Rosenberg M. 1965. Society and the Adolescent Self-Image. Princeton: Princeton University Press. Simanjuntak M, Saniyya RU. 2021. Consumer empowerment in transportation sector. Int Res J Bus Stud. 14(1):1–12. doi:10.21632/irjbs.14.1.1-12. Simanjuntak M. 2015. Consumer empowerment index among undergraduate students of bogor agricultural university , indonesia. Asian J Bus Manag. 3(3):183–191. http://www.ajouronline.com/index.php/AJBM/article/view/1538/1406.
Simanjuntak M. 2019. Generation Y’s Complaint Behavior toward Online Shopping. Indep J Manag Prod. 10(1):101. doi:10.14807/ijmp.v10i1.839.
Simanjuntak M, Tesiana RY. 2021. Understanding the consumer empowerment in health service. Indep J Manag Prod. 12(7):1627–1646. doi:10.14807/ijmp.v12i7.1394.
Simanjuntak M, Amanah S, Puspitawati H, Asngari PS. 2014. Consumer empowerment profile in rural and urban area. ASEAN Mark J. 6(1):38–49. doi:10.21002/amj.v6i1.3611. 307