Date Log
Perlindungan Konsumen Pangan Impor Yang Rentan Terhadap Tekanan Pelaku Usaha
Corresponding Author(s) : Nurul Khasanah
Policy Brief Pertanian, Kelautan, dan Biosains Tropika,
Vol. 4 No. 2 (2022): Policy Brief Pertanian, Kelautan dan Biosains Tropika
Abstract
Saat ini konsumen sangat mudah untuk membeli makanan impor berkat pesatnya perkembangan teknologi. Namun, aktivitas jual beli yang tidak sehat masih marak terjadi di pasar, salah satunya kecurangan dalam jual beli yang seringkali terjadi tanpa konsumen memiliki pilihan ataupun kontrol untuk memilih. Hal ini mengantarkan konsumen menuju kerugian, dan menempatkannya dalam posisi yang rentan. Kerentanan tersebut antara lain, kurangnya informasi mengenai penyelesaian masalah konsumen, kurangnya pengetahuan tentang hak hak konsumen, terbukanya praktik bisnis, tidak waspada terhadap praktik bisnis yang tidak sehat, dan tidak menilai produk secara objektif. Pengetahuan konsumen tentang karakteristik dan keamanan konsumsi produk impor adalah hal yang penting untuk terhindar dari kerentanan tersebut. Kepribadian konsumen juga mempengaruhi pengetahuannya mengenai produk dan dapat menyebabkan perilaku pembelian impulsif yang mengantarkan konsumen mengalami kerugian. Tak hanya itu, kelompok acuan seperti orang orang di lingkungan sekitar konsumen menjadi salah satu aspek yang mempengaruhi konsumen dalam memilih produk pangan impor. Oleh karena itu, berbagai pihak memiliki peran dalam peningkatan pengetahuan sekaligus perlindungan konsumen terhadap produk pangan impor
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
Batat W. 2010. Understanding the dimensions of young consumer vulnerability in the web 2 . 0 society track : Victims or heroes ? Young people ‟ s consumption understanding the dimensions of young consumer vulnerability in the web
[BPOM]. Direktorat Penyidikan Obat dan Makanan. 2019. Laporan Akhir Tahun Direktorat Penyidikan Obat dan Makanan Tahun Anggaran 2019
Cartwright P. 2011. The Vulnerable Consumer of Financial Services : Law, Policy and Regulation. THE ART OF MEDICINE, 377
Daniel JR. 2017. Kerentanan konsumen : Landasan konseptual dan refleksi bagi kebijakan perlindungan konsumen di Indonesia. doi: 10.13140/RG.2.2.32631.73128
[KEMENDAG]. Kementerian Perdagangan. 2019. Perkembangan impor menurut golongan barang.https://statistik.kemendag.go.id/development-of-goods-imports-by-group
Lee J, Soberon-ferrer H. 1997. Consumer vulnerability to fraud : Influencing factors. J Consum Aff. 31(1):70–89
Liao S, Shen Y, Chu C. 2009. The effects of sales promotion strategy , product appeal and. Int J Consum Stud, 33. 274–284. doi: 10.1111/j.1470-6431.2009.00770.x
Schiffman LG, Kanuk LL. 1994. Consumer Behaviour (Fifth Edition). Englewood Cliffs : Prentice Hall
Shi HY, Jing FJ, Yang Y, Nguyen B. 2017. The concept of consumer vulnerability: Scale development and validation. Int J Consum Stud. 41(6):769–777. doi: 10.1111/ijcs.12390
[KEMENDAG]. Kementrian Perdagangan. 2020. Perlindungan konsumen dukung peningkatan ekonomi nasional. https://www.kemendag.go.id/storage/article_uploads/E6XUiPXlW9DdMgwydyLq1ElGKw7ENQ8fFzNbnmtK.pdf. Diunduh pada 25 Desember 2020.
Lee J, Soberon-ferrer H. 1997. Consumer vulnerability to fraud : Influencing factors. J Consum Aff. 31(1):70–89.
Liao S, Shen Y, Chu C. 2009. The effects of sales promotion strategy , product appeal and. Int J Consum Stud, 33. 274–284. doi:10.1111/j.1470-6431.2009.00770.x.
Schiffman LG, Kanuk LL. 1994. Consumer Behaviour (Fifth Edition). Englewood Cliffs : Prentice Hall.
Shi HY, Jing FJ, Yang Y, Nguyen B. 2017. The concept of consumer vulnerability: Scale development and validation. Int J Consum Stud. 41(6):769–777. doi:10.1111/ijcs.12390.
Smith NC, Cooper-Martin E. 1997. Ethics and target marketing : The role of product harm and consumer vulnerability. Journal of Marketing, 61(3). doi: 10.2307/1251786
Sumarwan U. 2014. Perilaku Konsumen. Bogor (ID): Ghalia Indonesia
[UU] Undang-Undang No 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. 1999