Date Log
Rekomendasi Model Bisnis Bank Perekonomian Rakyat Syariah Melalui Pendekatan Blue Ocean Strategy
Corresponding Author(s) : Anisa Dwi Utami
Policy Brief Pertanian, Kelautan, dan Biosains Tropika,
Vol. 5 No. 1 (2023): Policy Brief Pertanian, Kelautan dan Biosains Tropika
Abstract
Perubahan lingkungan bisnis yang terjadi, menuntut BPRS untuk dapat menyesuaikan strategi dan model bisnisnya. Potensi yang dimiliki oleh BPRS baik dari sisi internal dan dan eksternal serta dengan adanya peluang pasar UMKM yang begitu besar menuntut BPRS untuk dapat menyesuaikan kembali model bisnis yang akan dijalankan. Pendekatan Business Model Canvas (BMC) yang dikombinasikan dengan Blue Ocean Strategy (BOS) dalam model bisnis BPRS diharapkan dapat menciptakan inovasi nilai yang fokus pada pasar-pasar spesifik dalam menjalankan bisnisnya. Hal ini diharapkan akan dapat meningkatkan kemampuan BPRS untuk menjangkau pasar yang lebih dalam.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
[OJK] Otoritas Jasa Keuangan. Departemen Pengembangan Pengawasan dan Manajemen Krisis OJK. 2022. Laporan Profil Industri Perbankan Triwulan I 2022.
[OJK] Otoritas Jasa Keuangan. 2021. Roadmap Pengembangan Perbankan Indonesia bagi Industri BPR dan BPRS 2021-2025.
[OJK] Otoritas Jasa Keuangan. 2022. Statistik Perbankan Syariah per Juni 2022.
[KNEKS] Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah. 2019. Rekomendasi Kebijakan Strategi Pengembangan Keuangan Mikro Syariah Di Indonesia.
Lazzarotti V, Manzini R. (2010). Blue ocean strategy and open innovation: a dynamic capability perspective. International Journal of Technology Management. 49(1-3): 246-267.
Kim WC, Mauborgne R. (2005). Blue ocean strategy: how to create uncontested market space and make competition irrelevant. Boston: Harvard Business School Press.
Osiyevskyy O, Dewald J. (2015). Exploring the relationship between blue ocean strategy and business model innovation. Journal of Business Research. 68(8): 1737-1744.
Zhang J, Wang J. (2014). Blue Ocean Strategy and new product development. Journal of Technology Management & Innovation. 9(4): 123-132.