Date Log
Perlindungan Konsumen Pengguna Paylater Yang Rentan Tekanan Pelaku Usaha
Corresponding Author(s) : Lilik Noor Yuliati
Policy Brief Pertanian, Kelautan, dan Biosains Tropika,
Vol. 4 No. 4 (2022): Policy Brief Pertanian, Kelautan dan Biosains Tropika
Abstract
Konsumen kini semakin dimanjakan dengan pesatnya perkembangan e-commerce yang mendukung proses sistem belanja online dengan menyediakan variasi metode pembayaran, diantaranya adalah paylater. Namun hal ini membawa masyarakat pada kondisi rentan akibat munculnya perilaku tidak sehat seperti pembelian secara impulsif serta menguatnya perilaku berutang untuk keperluan konsumtif. Dalam praktiknya,sering kali konsumen pengguna paylater kesulitan memahami informasi sehingga menjadi rentan. Kerentanan tersebut antara lain transparansi informasi hinggga informasi yang tidak lengkap akan ketentuan paylater, tekanan berupa pengaruh praktik pemasaran oleh pelaku usaha, serta informasi yang asimetris akan menimbulkan kesenjangan yang memposisikan pengguna menjadi lebih rentan untuk mengalami hal yang tak diinginkan.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
Anisa NA, Arifin S, Setyowati L, Hidayah N, Megasari AD. 2020. Financial Literacy onImpulsive Buying Behavior in Y Generation.Quant Econ Manag Stud. 1(1):70–75. https://doi.org/10.35877/454RI.qems80
Chen H, Volpe RP. 1998. An Analysis of Personal Financial Literacy Among College Students. J Financ Serv Rev. 7(2): 107–128. doi:10.1108/JCM-01-2018-2514. https://doi.org/10.1108/JCM-01-2018-2514
Ganbold S. 2022. Number of Buy Now, Pay Later (BNPL) users in Southeast Asia in 2020.pdf.Financ Serv., siapterbit. https://www.statista.com/statistics/1305667/sea-number-of-bnpl-users-by-country/#statisticContainer.
Han TI. 2019. Objective knowledge, subjective knowledge, and prior experience of organic cotton apparel. Fash Text. 6(1). https://doi.org/10.1186/s40691-018-0168-7
Ho VH. 2020. Pengaruh Festival Marketing Terhadap Online Purchase Intention Dengan Shopping Experience Satisfaction Sebagai Variabel Intervening; Studi Kasus Shopee Double Days di Kalangan Mahasiswa Dan Mahasiswi Universitas. J Strateg Pemasar. 7(2): 1-12. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/11177/9918.
International Data Corporation. 2021. How Southeast Asia Buys and Pays: Driving New Business Value for Merchants. Singapore. https://go.2c2p.com/wp-content/uploads/2021/11/2C2P-IDC-InfoBrief_AP241267IB_Final_Small.pdf.
Karbasivar A, Yarahmadi H. 2011. Evaluating Effective Factors on Consumer Impulse Buying Behavior. Asian J Bus Manag Stud. 2(4): 174–181.
Krishna A, Sari M, Rofaida R. 2010. Analisis Tingkat Literasi Keuangan Di Kalangan Mahasiswa dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Survey Pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. Di dalam: Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education. hlm 551–560.
Lee J, Soberon-Ferrer H. 1997. Consumer vulnerability to fraud: Influencing factors. J Consum Aff. 31(1): 70–89. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.1997.tb00827.x
Lina, Rosyid HF. 1997. PERILAKU KONSUMTIF BERDASAR LOCUS O F CONTROL PADAREMAJA PUTRI Lina. Psikologika. 2(4):5-13. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol2.iss4.art1
Morgan FW, Schuler DK, Stoltman JJ. 1995. A Framework for Examining the Legal Status of Vulnerable Consumers. J Public Policy Mark.14(2): 267–277. https://doi.org/10.1177/074391569501400208
Mustajibah T, Trilaksana A. 2021. Dinamika E-commerce di Indonesia Tahun 1999-2015. J Pendidik Sej. 10(3): 3–11. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/40965.
[OJK] Otoritas Jasa Keuangan. 2021.Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia2021-2025. Jakarta. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Documents/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-2021-2025/STRATEGINASIONALLITERASIKEUANGANINDONESIA%28SNLKI%292021-2025.pdf.
[OJK] Otoritas Jasa Keuangan. 2022.
Penyelenggara Fintech Lending Berizin di OJK per 3 Januari 2022. OJK. [2022 Jan 20]. https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/Pages/Penyelenggara-Fintech-Lending-Berizin-di-OJK-per-3-Januari-2022.aspx.
Ringold DJ. 2005. Vulnerability in the marketplace: Concepts, caveats, and possible solutions. J Macromarketing. 25(2): 202–214. https://doi.org/10.1177/0276146705281094
Rook DW. 1986. The Buying Impulse. J Consum Res. 14(2):189. https://doi.org/10.1086/209105
Rook DW, Fisher RJ. 1995. Normative Influences on Impulsive Buying Behavior. J Consum Res. 22(3): 305. https://doi.org/10.1086/209452
Sari R. 2021. Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. J Ris Bisnis dan Investasi. 7(1): 44–57. https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2058
Shi HY, Jing FJ, Yang Y, Nguyen B. 2017. The concept of consumer vulnerability: Scale development and validation. Int J Consum Stud. 41(6): 769–777. https://doi.org/10.1111/ijcs.12390