Date Log
Pengarusutamaan Perlindungan Konsumen Indonesia: Tantangan dan Implikasi
Corresponding Author(s) : Megawati Simanjuntak
Policy Brief Pertanian, Kelautan, dan Biosains Tropika,
Vol. 3 No. 1 (2021): Policy Brief Pertanian, Kelautan dan Biosains Tropika
Abstract
Konsumen Indonesia saat ini dihadapkan pada pasar dengan pilihan produk/jasa yang semakin beragam. Hal ini membuat tantangan perlindungan konsumen semakin kompleks terbukti dengan masih banyaknya pelanggaran hak konsumen oleh pelaku usaha. Sistem perlindungan konsumen yang belum efektif, pelaku usaha yang kurang bertanggungjawab serta keterbatasan pengetahuan dan kesadaran konsumen menjadi penyebabnya. Berbagai hasil penelitian juga mengindikasikan masih rendahnya Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) Indonesia. Untuk itu, pengarusutamaan perlindungan konsumen menjadi sangat penting untuk menjaga kepercayaan bertransaksi antara konsumen dan pelaku usaha sebagai fundamental ekonomi Indonesia. Policy brief ini menguraikan tantangan dan sekaligus implikasi untuk mengarusutamakan perlindungan konsumen. Otoritas yang terkait dengan perlindungan konsumen di Indonesia harus meningkatkan koordinasi antar lembaga tanpa mengedepankan ego sektoral dengan berpedoman pada Strategi Nasional Perlindungan Konsumen atau Stranas PK. Dengan demikian, program-program perlindungan konsumen di Indonesia akan lebih terarah dan pada akhirnya akan dapat meningkatkan indeks keberdayaan konsumen yang saat ini masih rendah.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga. 2018. Laporan Kinerja (Lapkin) Tahun 2017. Jakarta: Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Kementerian Perdagangan RI.
Safari A, Simanjuntak M. 2020. Perlindungan Konsumen: Suatu Pengantar. Di dalam: Safari A, Dalimunthe ARL, Anggraini AT, Parman A, Muslim E, Simanjuntak M. Unboxing Perlindungan Konsumen. Bogor : IPB Press. hlm 1-24
Simanjuntak M, Mubarokah U. 2020. Investigating how consumer education and lifestyle influence the consumer empowerment: case in rural and urban areas, indonesia. Independent Journal of Management & Production, forthcoming.
https://doi.org/10.14807/ijmp.v12i5.1395
Simanjuntak M, Umiyati S. 2020. The effect of demographic, social, and economic characteristics on consumer empowerment in education institutions. Independent Journal of Management & Production. forthcoming.
https://doi.org/10.14807/ijmp.v12i5.1443
Simanjuntak M. 2015. Consumer empowerment index among undergraduate students of Bogor Agricultural University, Indonesia. Asian Journal of Business and Management. 3 (3):183- 191.
Simanjuntak M. 2016. Does Indonesian consumer empowerment in food aspect contribute to consumer readiness to face Asean Economic Community (AEC)? International Conference on Science, Social Science and Economics Copenhagen, Denmark on October 23rd-24th, 2016.
Simanjuntak M. 2018. The study of consumers empowerment on food sectors in urban and rural areas of indonesia. World Conference on Business and Management 2018. Jeju Island, Korea Selatan. The People And Global Business Association (P&GBA).
Simanjuntak M, Yuliati LN, Sumarwan U. 2019. Pemetaaan Indeks Keberdayaan Konsumen Indonesia 2015-2019. Laporan Penelitian. Kerjasama IPB dengan Kementerian Perdagangan RI.
Simanjuntak M. 2019. Generation Y's complaint behavior toward online shopping. Independent Journal of Management & Production. 10(1):101-116. http://dx.doi.org/10.14807/ijmp.v10i1.839
https://doi.org/10.14807/ijmp.v10i1.839
Simanjuntak M, Hamimi UK. 2019. Penanganan komplain dan komunikasi Word-of-Mouth (WOM). Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen. 12(1):75-86. https://doi.org/10.24156/jikk.2019.12.1.75
https://doi.org/10.24156/jikk.2019.12.1.75
Simanjuntak M, Amanah S, Puspitawati H, Asngari P. 2013. Modelling Consumer Empowerment Level. Economic Journal of Emerging Market. 5 (2):109-119. http://journal.uii.ac.id/index.php/JEP/article/ view/3519
https://doi.org/10.20885/ejem.vol5.iss2.art4
Simanjuntak M, Amanah A, Puspitawati P, Asngari PS. 2014a. Consumer empowerment profile in rural and urban areas. ASEAN Marketing Journal (AMJ). 6(1):38-49.
https://doi.org/10.21002/amj.v6i1.3611
Simanjuntak M, Amanah A, Puspitawati P, Asngari PS. 2014b. Study of consumer education in Bogor, Indonesia. Internasional Asian Journal of Business and Management. 2(5):481-490.
https://doi.org/10.20885/ejem.vol5.iss2.art4
Simanjuntak M, Musyifah I. 2016. Online shopping behavior on generation Y in Indonesia. Global Business Finance Review. 21(1): 33-45.
https://doi.org/10.17549/gbfr.2016.21.1.33