STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PT PELAYARAN BAHTERA ADHIGUNA DALAM INDUSTRI PELAYARAN

Adhiguna Wahyu Nugroho, Lukman M. Baga, Budhi Hascaryo Iskandar

Abstract


Peningkatan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2015-2016 berdampak positif bagi pertumbuhan industri pelayaran di Indonesia. Meski mengalami pertumbuhan, kapasitas pengangkutan angkutan laut perusahaan nasional masih kalah bersaing dengan perusahaan asing.PT Pelayaran Bahtera Adhiguna (BAg) merupakan salah satu anak perusahaan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang bergerak dalam bidang jasa angkutan laut. Program pemerintah pembangkit listrik 35.000 MW memerlukan pemerataan pasokan batubara menjadikan tantangan bagi BAg untuk meningkatkan pendapatan usahanya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kinerja pada fungsi operasional, menganalisis kondisi eksternal dan internal dan merumuskan arsitektur strategik untuk pengembangan bisnis BAg dalam dua tahun mendatang.Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja perspektif keuangan belum menunjukan kinerja yang baik.Hasil analisis kondisi lingkingan eksternal mengindikasikan bahwa bisnis BAg berada dalam persaingan yang ketat seiring semakin bertambahnya perusahaan pelayaran. Namun perusahaan memiliki kekuatan pada bisnis utama sehingga perusahaan masih memiliki kemampuan untuk bertahan dengan cara memanfaatkan jaminan muatan batubara dari PLN. Kelemahan yang masih dimiliki BAg adalah ketergantungan pada mitra KSO sehingga beban sewa kapal relatif tinggi dibandingkan dengan biaya operasional lainnya.Strategi pengembangan bisnis BAg yang dapat dilakukan bagi perusahaan di masa yang akan datang adalah meningkatkan sinergi bisnis inti antara BAg dengan PLN.
Kata kunci: industri pelayaran, pengembangan bisnis, persaingan.


Full Text:

321-336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.