Kajian Relevansi Kurikulum SMK dengan Kebutuhan Pengembangan Teknologi Masa Depan di Indonesia

  • Pudji Muljono

Abstract

Upaya pembaharuan pendidikan harus dilakukan secara terus-menerus sejalan dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi, tuntutan ekonomi, dan perubahan dalam masyarakat. Kajian ini bertujuan untuk mengkaji
relevansi kurikulum pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK) terhadap kebutuhan pengembangan teknologi
masa depan yang sesuai bagi bangsa Indonesia. Metode kajian yang digunakan, selain melalui studi meja dan diskusi
dengan pakar, juga dilakukan analisis data sekunder untuk mendapatkan peta program-program keahlian yang ada di
sekolah kejuruan. Hasil kajian antara lain menunjukkan bahwa jurusan bisnis dan manajemen merupakan program
keahlian yang paling banyak yaitu 2.239 unit; sedangkan program keahlian yang paling relevan dengan arah
kebijakan pengembangan ristek adalah jurusan atau program keahlian teknologi informasi yaitu sekitar 2.904 unit.
Kata kunci: sekolah kejuruan, kurikulum, teknologi masa depan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2006-09-01
How to Cite
Muljono, P. (2006). Kajian Relevansi Kurikulum SMK dengan Kebutuhan Pengembangan Teknologi Masa Depan di Indonesia. Jurnal Penyuluhan, 2(3). https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v2i3.11440

Most read articles by the same author(s)

> >>