Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Penyuluhan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Panduan Penulisan

Panduan penulisan Jurnal Penyuluhan adalah sebagai berikut:

  1. Artikel yang dikirimkan ke Redaksi Jurnal Penyuluhan harus orisinil, belum pernah dimuat atau dipublikasikan di media manapun. Artikel ilmiah berupa hasil penelitian diprioritaskan untuk  dimuat.  Artikel  ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, diketik 1 (satu) spasi pada kertas A4. Jumlah halaman 15-20, telah termasuk tabel, grafik, dan gambar.  Batas kiri 3 cm, kanan 2,5 cm, atas dan bawah 2,5 cm); jenis huruf Times New Roman ukuran 12 point.
  2. Penulisan Artikel adalah berbentuk essay, tidak ada format numerik yang memisahkan antar  bagian.  Dengan demikian, di dalam penulisan artikel, hindari penggunaan dot points, pengabjadan, atau penomoran seperti ini:
  3. ............
    1. ............

 Tetapi lebih baik ditulis sebagai berikut: 1) ................, 2) ..............

3.  Teknik penulisan artikel dalam Jurnal Penulisan adalah sebagai berikut:

  • Judul di tengah halaman dan terjemahan dalam Bahasa Inggris. Judul menggambarkan isi artikel, dengan jumlah kata maksimum 14. Hindari penulisan judul dengan huruf kapital semua, hanya awal kata yang menggunakan huruf kapital, kata sambung dan kata depan menggunakan huruf kecil
  • Nama penulis lengkap, tanpa gelar, unit kerja, lembaga dan alamat lengkap lembaga, nomor telepon dan faksimili, serta alamat email. Penulis bertanggungjawab terhadap keseluruhan isi artikelnya. Penulis wajib menyertakan Curriculum Vitae (CV).
  •  Tulisan yang dikirim wajib mengikuti ketentuan gaya selingkung dalam jurnal ini (pengacuan pustaka, penggunaan catatan kaki, sistematika, ilustrasi, tabel, dan lain-lain.)
  •  Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Indonesia, ukuran fonta 10, ditulis dalam satu paragraf, dan maksimum terdiri atas 200 kata.  Abstrak memuat latar belakang penulisan, tujuan penulisan, pembahasan, dan kesimpulan. Apabila merupakan hasil penelitian, harus memuat metode dan hasil penelitian.  Abstrak diikuti dengan keywords yang ditulis dalam Bahasa Inggris maksimal 5 deskriptor.
  • Isi artikel memiliki relevansi dengan aspek keilmuan sosial terapan, khususnya tentang penyuluhan dalam beragam bidang pembangunan.  Substansi ilmu penyuluhan dari sisi teoretis dan praktis perlu menjadi fokus artikel, dan menyangkut proses pembelajaran manusia, perilaku sosial, komunikasi pembangunan, pengembangan masyarakat, pembangunan pertanian, perikanan, kehutanan, sosial, dan hal terkait dengan pembangunan manusia
  • Isi artikel harus relevan dengan rekam jejak atau keilmuan yang dikuasai penulis, mengutamakan aspek obyektifitas dan kaidah-kaidah ilmiah. Sistematika penulisan adalah sebagai berikut.

-  Pendahuluan (tanpa subjudul, meliputi latar belakang, masalah, tujuan)

-  Kajian teori/konsep terkait.  Review teori, konsep, dan penelitian terdahulu ditulis dengan teknik penulisan critical review. Dalam pengacuan digunakan running note, bukan footnote atau endnote; misalnya:
...... (Pretty, 1995:10; Slamet, 2000).
...... (Macadam et al., 1994).

- Metode penelitian. Metode penelitian ditulis secara ringkas, jelas, dan runut.

- Hasil dan pembahasan (jika ada tabel dan gambar/grafik, harus diacu dalam pembahasan).  Tabel dan gambar / grafik, dibuat sesederhana mungkin, dikirim dalam format MSWord. Tabel terdiri dari nomor tabel, judul tabel (di atas), “catatan/keterangan” bila diperlukan (di bagian bawah tabel, untuk menjelaskan singkatan-singkatan dalam tabel). Gunakan hanya garis-garis horizontal, jangan menggunakan garis vertikal. 

- Kesimpulan tidak dirinci dalam poin-poin, tetapi berupa paragraf.

-Daftar pustaka menggunakan sistem “nama-tahun” (bukan “acu-urut”), dengan urutan sesuai dengan urutan abjad family name (nama belakang).  Hindari penyingkatan nama jurnal dalam Daftar Pustaka.  Pada Daftar Pustaka, sebutkan semua nama penulis yang dikutip dalam artikel ilmiah, jangan menggunakan dkk., atau et al. Teladan:

Donnermeyer, Joseph F., Barbara A. Plested, Ruth W. Edwards, Gene Oetting, dan Lawrence Littlethunder.  1997.  Community Readiness and Prevention Programs.  Journal of the Community Development Society  28 : 65-83.

Fischer, Frank, Miller Gerald J., dan Sidney Mara S.  (Editors) 2007.  Handbook of Public Policy Analysis: Theory, Politics, and Methods. Boca Raton FL: CRC Press Taylor and Francis Group.

Hersey, Paul, Kenneth H. Blanchard, dan Dewey E. Johnson.  1996.  Management of Organizational Behavior: Utilizing Human Resources.  Edisi Ketujuh.  Upper Saddle River, NY: Prentice Hall.

 

4.   Artikel dikirimkan ke Redaksi Jurnal Penyuluhan sebanyak dua rangkap disertai soft file yang memuat artikel tersebut dalam file Microsoft Word.

5.  Setiap artikel ilmiah yang masuk dikaji oleh Tim Penyunting Ahli (Mitra Bestari) sesuai bidang kepakarannya.  Penulis berkewajiban merevisi artikel sesuai hasil review dari Penyunting Ahli.  Artikel dinyatakan diterima, jika penulis telah merevisi naskah sesuai dengan gaya selingkung Jurnal Penyuluhan dan sesuai masukan dari penyunting ahli. 

6.   Redaksi berhak mengedit artikel tanpa mengubah esensi dan pokok pikiran penulisnya.  

7.   Proses review dan informasi tentang rekomendasi hasil review artikel untuk diterbitkan dalam Jurnal Penyuluhan memerlukan waktu paling cepat dua bulan.

8.   Tidak ada biaya yang dikenakan saat pengiriman naskah ke redaksi.  Akan tetapi, apabila naskah diterima untuk diterbitkan setelah proses review, kepada penulis utama dikenakan biaya  sebesar Rp 35.000,00 (tiga puluh lima ribu rupiah) per halaman cetak untuk penulis Anggota PAPPI, dan sebesar  Rp 50.000,00 (lima puluh ribu rupiah) per halaman untuk penulis Non Anggota PAPPI.  Kontribusi biaya penerbitan dikirim ke nomor rekening berikut.

Nama Pemilik Rekening     :        HIMPRO PAPPI

Nomor Rekening               :        0180556094 (BNI)

9. Penulis yang artikelnya dimuat akan mendapat nomor bukti pemuatan sebanyak 5  (lima eksemplar).  Artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan.

10. Penulis harus mengikuti ketentuan di atas.  Informasi lebih lengkap baik mengenai ketentuan artikel/naskah atau pun hal-hal lainnya, Bapak/Ibu/Sdr dapat menghubungi alamat di atas.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.