Analisis Pengembangan Ekspor Cengkeh Indonesia

Ely Nurhayati, Sri Hartoyo, Sri Mulatsih

Abstract


Ekspor merupakan komponen penting dalam perekonomian. Semakin tinggi kinerja ekspor, semakin besar pula dampak positifnya terhadap perekonomian. Sejak tahun 2012 hingga tahun 2016, ekspor Indonesia terus menurun, sehingga Indonesia perlu meningkatkan kembali ekspornya. Salah satu komoditas yang potensial dikembangkan adalah cengkeh. Penelitian ini menganalisis pengembangan ekspor cengkeh Indonesia dengan mencari tahu daya saing cengkeh, serta faktor yang mempengaruhi ekspornya. Metode yang digunakan adalah RCA, EPD, X-Model, dan Gravity. Hasil analisis menemukan bahwa pasar yang optimis dikembangkan adalah Pakistan, Jerman, Italia dan Amerika. Pasar yang potensial dikembangkan adalah pasar Malaysia, Vietnam, Thailand, Prancis dan Belanda. Faktor yang mempengaruhi ekspor cengkeh Indonesia adalah PDB per kapita, harga ekspor, jarak ekonomi dan tarif.

 

Kata kunci: Cengkeh, Ekspor, EPD, Model Gravity, RCA


Full Text:

PDF