Model Bisnis dan Strategi Pengembangan Usaha Pada The Coffee Bean dan Tea Leaf (TCBTL)

  • Bambang Trenggono PT. Girindra
  • Arief Daryanto Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor
  • Bunasor Sanim Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor

Abstract

Setiap bisnis membutuhkan perencanaan strategis untuk menghadapi kondisi lingkungan dan persaingan yang ada, termasuk TCBTL. Perencanaan strategis dapat dilakukan dengan memetakan model bisnis yang ada dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi model bisnis TCBTL dengan pendekatan Business Model Canvas dan merumuskan strategis baru dengan menggunakan analisis SWOT dengan mengacu pada pendekatan Business Model Canvass. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TCBTL memiliki komponen elemen business model canvas yang terdiri dari customer segmentations, value propositions, channels, customer relationships, revenue streams, key resources, key activities, key partnerships dan cost structures. Program perbaikan yang harus dilakukan oleh TCBTL melalui identifikasi faktor eksternal dan internal adalah, mengoptimalkan fungsi bank sebagai mitra yang mampu meningkatkan penjualan melalui program promosi kepada pemegang kartu atau nasabah pada elemen mitra utama. Kegiatan utama elemen yang perlu ditingkatkan TCBTL adalah menambahkan mitra kerja untuk meningkatkan kerjasama dalam melakukan kegiatan pemasaran. Kemudian pada elemen sumber daya manusia, TCBTL perlu melakukan perbaikan program dengan merancang strategi untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya.meningkatkan pelatihan karyawan, insentif yang transparan dan rutin serta merancang strategi peningkatan kapasitas SDM yang dimiliki.

Kata kunci: business model canvas, TCBTL, kafe, strategi, Analisis SWOT

Published
2018-09-05