Edukasi Batik dan Kujang Bogor melalui Game Arcade Berbasis 3D dan Fuzzy

Kamel Mahdi(1) , Eneng Tita Tosida(2) , Sufiatul Maryana(3)
(1) Departemen Ilmu Komputer,Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,Universitas Pakuan Bogor,
(2) Departemen Ilmu Komputer,Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,Universitas Pakuan Bogor,
(3) Departemen Ilmu Komputer,Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,Universitas Pakuan Bogor

Abstrak

Batik adalah bagian dari warisan budaya yang terus berkembang hingga saat ini di Indonesia, salah satunya adalah batik Bogor yang memiliki motif unik seperti hujan gerimis dan kujang. Dalam era teknologi modern, upaya memperkenalkan batik dan kujang kepada generasi muda melalui media pembelajaran digital sangat penting. Penelitian ini mengembangkan game arcade edukasi 3D berbasis fuzzy mamdani menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) untuk mengenalkan budaya batik dan kujang Bogor secara interaktif. Hasil pengujian alpha dan beta menunjukkan tingkat kepuasan pengguna sebesar 84%, serta game ini secara efektif mengintegrasikan logika fuzzy untuk mengatur percepatan pemain. Game "Batik dan Kujang Bogor" tidak hanya menawarkan pengalaman bermain yang seru tetapi juga menjadi alat edukasi yang mempromosikan budaya lokal Indonesia.

Artikel teks lengkap

Generated from XML file

Penulis

Kamel Mahdi
kamelmahdi14@gmail.com (Kontak utama)
Eneng Tita Tosida
Sufiatul Maryana
Edukasi Batik dan Kujang Bogor melalui Game Arcade Berbasis 3D dan Fuzzy. (2025). Jurnal Ilmu Komputer Dan Agri-Informatika, 12(1), 110-118. https://doi.org/10.29244/jika.12.1.110-118

Rincian Artikel

Cara Mengutip

Edukasi Batik dan Kujang Bogor melalui Game Arcade Berbasis 3D dan Fuzzy. (2025). Jurnal Ilmu Komputer Dan Agri-Informatika, 12(1), 110-118. https://doi.org/10.29244/jika.12.1.110-118
No Related Submission Found