Vol. 7 No. 1 (2010)

Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) merupakan hewan model yang mendekati sifat-sifat biologis manusia. Pada saat ini bidang farmasi dan kedokteran manusia berkembang pesat terutama dalam pemanfaatan obat-obatan untuk mengatasi penyakit-penyakit yang berkaitan dengan metabolik sindrom, misalnya obesitas.
Pola hidup masyarakat kota, cenderung mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat atau bahan makanan berenergi tinggi. Akibatnya banyak orang yang mengalami kelebihan bobot badan. Hal ini tentu akan mengganggu metabolisme tubuh. Telah banyak pula obat-obatan dan jamu untuk mencegah obesitas. Pada terbitan ini disajikan beberapa penelitian pada hewan model yang telah dibuat obes dan diberi nikotin untuk mengurangi dampak obesitasnya.
Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberi informasi dampak positif nikotin bila diberikan dalam dosis tepat, untuk mengatasi sindrom metabolik pada penderita obesitas. Selama ini nikotin berasal dari tanaman tembakau dikenal sebagai zat yang berdampak negatif dan merugikan. Pada terbitan JPI kali ini ada kajian biologis dan biomedis pada hewan model monyet ekor panjang yang mengalami obesitas.
Published: 2012-08-29