Analisis Pengaruh Komponen Belanja Langsung Sektor Pendidikan Dan Sektor Kesehatan Terhadap Peningkatan Ipm Kota Bogor

  • Idja Djajuli Sekretariat Daerah Kota Bogor
  • Hermanto Siregar Depatemen Ilmu Ekonomi, Institut Pertanian Bogor
  • Ma’mun Sarma Departemen Manajemen. Institut Pertanian Bogor
Keywords: Belanja Langsung, IPM, Kualitas Pembangunan Manusia, Produktivitas

Abstract

Belanja daerah dengan alokasi yang tepat sasaran akan menciptakan kesempatan bagi masyarakat dalam memaksimalkan sumberdaya, dan manfaat yang diperoleh dari alokasi belanja yang optimal akan berkontribusi pada peningkatan produktivitas, naiknya produktivitas akan meningkatkan pendapatan per kapita, makin tinggi pendapatan per kapita akan meningkatkan permintaan terhadap fasilitas pendidikan dan kesehatan. Dari alokasi belanja langsung yang efesien dan efektif akan meningkatkan pembangunan manusia yang dicirikan dengan IPM. Semakin tinggi IPM akan mencerminkan kinerja alokasi belanja yang baik, sebaliknya semakin rendah IPM akan mencerminkan kinerja alokasi belanja pemerintah yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi komponen belanja langsung sektor pendidikan dan sektor kesehatan yang berpengaruh terhadap peningkatan IPM Kota Bogor. Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi IPM Kota Bogor digunakan analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian, faktor-faktor yang teridentifikasi dapat mempengaruhi peningkatan IPM di Kota Bogor adalah belanja pegawai, belanja barang dan jasa, dan belanja modal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[BPKAD] Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah. 2016. Laporan Realisasi APBD Kota Bogor 2010-2015. Bogor (ID): BPKAD.
[BPS] Badan Pusat Statistik Kota Bogor. 2016. Kota Bogor Dalam Angka. Bogor (ID): BPS.
[BPS] Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. 2016. Provinsi Jawa Barat Dalam Angka. Bandung (ID): BPS
Brata AG. 2005. Investasi Sektor Publik Lokal, Pembangunan Manusia, dan Kemiskinan. Yogyakarta (ID): Lembaga Penelitian–Universitas Atma Jaya.
Firdaus M. 2011. Aplikasi Ekonometrika Untuk Data Panel dan Time Series. Bogor (ID): IPB Press.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan IV. Semarang (ID) : Penerbit UNDIP
Gujarati, Damodar. 2005. Ekonometrika Dasar. Sumarno Z, penerjemah; Gunawan H, editor. Jakarta (ID): Erlangga. Terjemahan dari: BasicEconometrics.
Handra dan Maryati. 2009. Analisis Pendapatan Daerah (PAD) Bukan Pajak Pemerintah Sumatera Barat. Konferensi Penelitian Keuangan Sektor Publik II Badan Litbang Departemen Dalam Negeri.
Haryanto. 2008. Perencanaan dan Penganggaran Daerah: Pendekatan Kinerja. Badan Penerbit Undip.
Santoso PB, Ashari. 2005. Analisis Statistik Dengan Microsoft Excel dan SPSS. Yogyakarta: ANDV.
Published
2023-12-29
How to Cite
DjajuliI., SiregarH., & SarmaM. (2023). Analisis Pengaruh Komponen Belanja Langsung Sektor Pendidikan Dan Sektor Kesehatan Terhadap Peningkatan Ipm Kota Bogor. Jurnal Manajemen Pembangunan Daerah, 15(1), 34-43. https://doi.org/10.29244/jurnal_mpd.v11i1.52684
Section
Articles