Manfaat Inovasi Megabox Dalam Program Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat

  • Jurnal CARE CARE Center for Alternative Dispute Resolution and Empowerment, Bogor Agricultural University
  • Yulia Wulandari PT Pertamina EP Subang Field

Abstract

Persoalan pengelolaan sampah masih menjadi pekerjaan rumah yang relatif rumit bagi banyak pihak. Upaya penanggulangan sampah yang ada selama ini masih terkonsentrasi pada penanganan di hilir atau di lokasi-lokasi pembuangan sampah. Rumah tangga sebagai sumber penghasil sampah utama seharusnya menjadi target utama dalam penanganan masalah sampah. Inovasi Megabox yang diperkenalkan oleh PT Pertamina EP Tambun Field bermitra dengan Bank Sampah Dadali diharapkan mampu menjadi alternatif dalam penanganan sampah di tingkat rumah tangga. PT Pertamina EP Tambun Field bersama Bank Sampah Dadali aktif berpartisipasi dalam penangangan masalah persampahan di Kota Bekasi. Pengelolaan sampah organik melalui budidaya maggot menjadi salah satu model yang dikembangkan. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi lebih lanjut pengelolaan sampah melalui budidaya maggot secara umum dan khususnya terkait inovasi Megabox yang dikembangkan. Berdasarkan hasil kajian, ternyata Program Masyarakat Peduli Sampah atau Melimpah, mampu memberikan manfaat dari sisi sosial, ekonomi dan lingkungan. Dari sisi sosial, program ini meningkatkan kohesi sosial dan pengembangan kemitraan, dari sisi ekonomi meningkatkan pendapatan anggota kelompok, dan yang utama dari sisi lingkungan, mampu berkontribusi dalam pengelolaan sampah organik. Inovasi Megabox sebagai sarana pengolahan sampah organik merupakan inovasi sederhana sebagai solusi dalam pengelolaan sampah di tingkat rumah tangga. Megabox telah menjawab tantangan mengelola sampah organik dalam ruang terbatas, biaya terjangkau dan mudah dilakukan.

Kata kunci: inovasi, megabox, pengelolaan sampah,sampah organik

Published
2021-10-13
How to Cite
CAREJ. C., & WulandariY. (2021). Manfaat Inovasi Megabox Dalam Program Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat. Jurnal Resolusi Konflik, CSR Dan Pemberdayaan (CARE), 6(1), 22-34. Retrieved from https://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalcare/article/view/37963

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>