ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI di KOPI VOKASI Consumer Behavior Analysis in Making Coffee Purchase Decisions at Kopi Vokasi
Abstract
Indonesia menempati posisi ketiga sebagai negara setra kopi terbesar setelah Brazil dan Vietnam. Hal ini terjadi karena konsumsi kopi yang terus mengalami kenaikan setiap tahunnya yang menandakan terjadinya perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atribut yang mempengaruhi keputusan pembelian kopi di Kopi Vokasi, menganalisis sikap konsumen terhadap pembelian kopi di Kopi Vokasi, dan menganalisis kinerja Kopi Vokasi dalam memenuhi atribut-atribut yang penting bagi konsumen. Data diperoleh dari 100 responden dengan menggunakan metode purposive sampling (sedang membeli atau pernah mengonsumsi). Analisis data menggunakan metode deskriptif, skala sikap, metode Fishbein, dan metode IPA. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden adalah wanita berusia antara 18-28 tahun yang berprofesi sebagai mahasiswa dengan rerata pendapatan sebesar <Rp1.000.000,00. Indeks kepentingan dan kepercayaan konsumen yang diperoleh berada pada klasifikasi positif dengan skor 94,99. Atribut kepercayaan terhadap Kopi Vokasi yang perlu diperbaiki adalah fasilitas dan atribut kepercayaan yang harus dipertahankan ialah rasa, harga, pelayanan, dan bahan kemasan.