MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PENYEBARAN INFORMASI COVID-19 OLEH DISKOMINFO KOTA DEPOK Social Media as A Media for Information Dissemination of Covid-19 Through Diskominfo Kota Depok

Fidha Syaumi Dwitania, Aprilianti Pratiwi

Abstract

Depok City was the first city in Indonesia that confirmed a positive Covid-19 patient.  As the city’s public relations office, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Depok plays an important role in disseminating information to the public, including information about Covid-19 which is still needed by many parties. Audiences constantly looks for information in their daily life, and this became a reason of mass media in this digital era. Social media is a media where information can be accessed real time, and it makes its easier for public yo access all forms of information needed. This study focus on describing what social media handles are used by the Diskominfo Kota Depok in disseminating information about Covid-19.  This study uses a qualitative method with a descriptive approach.  Data obtained through interviews with two sources and supported by social media documentation from the Depok City Government. The concept of social media is used because each social media has its own characteristics, so it is tailored to the needs of each user. As the result, social media that Diskominfo Kota Depok used to spread information about Covid-19 are Facebook, Twitter, and Instagram.


ABSTRAK
Kota Depok dikonfirmasi sebagai daerah yang memiliki pasien positif Covid-19 pertama di Indonesia. Sebagai humas pemerintahan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok berperan penting dalam menyebarkan informasi kepada masyarkat, termasuk informasi Covid-19 yang masih  dibutuhkan oleh banyak pihak. Kegiatan khalayak yang dalam hidupnya terus menerus mencari informasi, menjadi salah satu terjadinya media massa pada era digital. Karena informasi yang disampaikan melalui media sosial bersifat real time, hal tersebut memudahkan masyarakat untuk mengakses segala bentuk informasi yang diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja media sosial yang digunakan oleh Diskominfo Kota Depok dalam menyerbarkan informasi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara kepada dua narasumber dan didukung dengan dokumentasi dari media sosial Pemerintah Kota Depok. Konsep media sosial digunakan karena tiap media sosial memiliki karakteristiknya masing-masing, sehingga disesuaikan dengan kebutuhan tiap penggunanya. Hasil dari penelitian ini adalah media sosial yang dimanfaatkan oleh Diskominfo Kota Depok untuk menyebarkan informasi Covid-19 adalah Facebook, Twitter, dan Instagram.

Authors

Fidha Syaumi Dwitania
Aprilianti Pratiwi
aprilyantipratiwi@univpancasila.ac.id (Primary Contact)

Article Details