Pembuatan Motion Graphics Untuk Media Training Komunikasi Efektif Budaya Horenso Di PT Amerta Indah Otsuka Creation Of Motion Graphics For Media Training Effective Communication Horenso Culture In PT Amerta Indah Otsuka

Febi Walmika Saragih, Maria Susan Anggreainy, Reza Kusuma Putra

Abstract

ABSTRACT
PT Amerta Indah Otsuka is a company engaged in manufacturing, nutrition and pharmaceuticals. It company has many employees and is devided into several departement, because of that, effective communication is needed.
HORENSO is an acronym from Japanese language, that is hokoku, renraku and sodan. HORENSO in Indonesia language thai is report, information and consult. HORENSO culture is considered as one of the keys to success in a corporate organization in Japan, because it’s more important the process and cooperation to reach the goal. At the appointed time, HCD Departement routine remindes employees for training HORENSO culture.
Training about effective communication is carried out by speaker within two hours. Material submitted using video that is not good quality, therefore HCD Departement want to create a motion graphics that summarizes all the footage from the previous video, so that is can be delivered informatively to increase employee attention to the importance of effective communication in the corporate environment.


ABSTRAK
PT Amerta Indah Otsuka merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur nutrisi dan farmasi. Perusahaan ini memiliki banyak karyawan yang dibagi dalam beberapa departemen, dengan banyaknya karyawan tersebut maka diperlukan komunikasi yang efektif karyawan antar departemen.
HORENSO adalah suatu akronim dari bahasa Jepang yang dibentuk dari tiga kata, yaitu hokoku, renraku dan sodan. Dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan laporan, informasi dan konsultasi. Budaya HORENSO ini dianggap sebagai salah satu kunci sukses dalam suatu organisasi perusahaan di Jepang, karena sangat memperhatikan proses untuk mencapai target dan menitikberatkan pada kerjasama antar Departemen. Pada tanggal dan waktu yang telah ditentukan, Departemen HCD dengan rutin mengingatkan karyawan untuk mengikuti training komunikasi efektif budaya HORENSO.
Training komunikasi efektif dilaksanakan oleh pembicara dalam waktu dua jam dengan materi yang dipaparkan menggunakan cuplikan video yang kualitasnya kurang baik, dengan keadaan video yang sudah ada sebelumnya Departemen HCD ingin membuat sebuah motion graphics yang merangkum semua cuplikan dari video yang ada, sehingga materi dapat tersampaikan dengan infomatif untuk meningkatkan perhatian karyawan terhadap pentingnya komunikasi yang efektif di lingkungan organisasi perusahaan.

Authors

Febi Walmika Saragih
Maria Susan Anggreainy
susan.anggreainy@gmail.com (Primary Contact)
Reza Kusuma Putra

Article Details