KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL PADA KOMUNITAS GAME CLASH OF CLANS (Studi CMC pada Komunitas Indo ShadowsArmy) VERBAL AND NONVERBAL COMMUNICATION IN CLASH OF CLANS GAME COMMUNITY (CMC Study of Indo ShadowsArmy Community)
Abstract
ABSTRACT
As a result of technological advances, many communities are now formed in the world of electronic communication. This study analyzes verbal and non verbal communication that occurs in the Clash of Clans game community, named Indo ShadowArmy. This study interviewed 6 members of Indo ShadowArmy. The methodology used in this study is qualitative with descriptive approach. Verbal and non-verbal communication in the Indo ShadowArmy community are: Indo ShadowArmy community members do not use words with abbreviated words and use of words, interpersonal conversations and unified narratives, calls on the regular Line application are light calls that are only used for member forces others, using a lot of terms in COC games, serious conversations that took place in the forum chatting took place during the war, the use of irony was never done, quite often using paralinguistic accounts that approach emoticons, calculating time for various topics that were very observing, have a fixed online schedule every day, "Social presence" members of the Indo ShadowArmy community on the chat and Line forums are evident, the message speed is faster and the
response is fast too, because of feedback, rarely read before the message is sent to other members.
ABSTRAK
Sebagai akibat dari kemajuan teknologi, kini banyak komunitas yang terbentuk dalam dunia komunikasi elektronik. Penelitian ini menganalisis komunikasi verbal dan non verbal yang terjadi pada komunitas game Clash of Clans, Indo ShadowArmy. Penelitian ini mewawancarai 6 anggota Indo ShadowArmy. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Komunikasi verbal dan non verbal pada komunitas Indo ShadowArmy adalah: Anggota komunitas Indo ShadowArmy tidak menulis kalimat dengan bahasa yang baku dan menggunakan kata yang disingkat, percakapan antarpribadi dan narasi menyatu, percakapan pada aplikasi Line biasanya merupakan percakapan ringan yang hanya sekedar meminta troops
atau menanyakan kabar anggota yang lainnya, banyak menggunakan istilahistilah dalam game COC, percakapan serius yang terjadi di forum chatting terjadi ketika sedang war, penggunaan ironi tidak pernah dilakukan, cukup sering menggunakan kial-kial paralinguistik yang berbentuk emoticon, perhitungan
pemilihan waktu untuk membicarakan suatu topik sangat diperhatikan, memiliki jadwal online yang tetap setiap harinya, “Kehadiran sosial” anggota komunitas
Indo ShadowArmy pada forum chatting dan Line nampak nyata, kecepatan penerimaan pesan menjadi cepat dan pemberian jawaban yang cepat pula, adanya umpan balik, jarang membaca ulang sebelum pesan dikirimkan pada anggota lainnya.