Pengembangan Bisnis Strategis untuk Produksi Minyak Serai Wangi di Indonesia: Studi Kasus PT Musim Panen Harmonis

Strategic Business Development for Lemongrass Oil Production in Indonesia: A Case Study of PT Musim Panen Harmonis

  • Safira Fathin Universitas Bina Nusantara
  • Wijining Putri Pangestuti

Abstract

Penelitian ini mengkaji potensi pengembangan bisnis dalam sektor pertanian Indonesia, dengan fokus pada komoditas minyak atsiri dari tumbuhan aromatik, khususnya minyak serai wangi (Cymbopogon winterianus). Tren bisnis minyak serai wangi terus meningkat karena permintaan yang terus bertambah, terutama untuk produk wangi-wangian, barang rumah tangga, dan farmasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan, yang akan direpresentasikan melalui sembilan elemen dalam Business Model Canvas (BMC). Melalui pendekatan studi kasus, penelitian ini menggabungkan data primer dari wawancara dengan pihak perusahaan dan data sekunder dari literatur terkait. Data tersebut kemudian digunakan untuk merancang model bisnis dengan menggolongkan hasil analisis pada sembilan elemen BMC. Selanjutnya, dilakukan validasi terhadap setiap elemen BMC dengan mempertimbangkan faktor internal dan eksternal perusahaan. Faktor-faktor ini dikelompokkan menjadi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat) dalam analisis SWOT. Hasil dari validasi sembilan elemen BMC dan analisis SWOT digunakan sebagai dasar untuk perbaikan model bisnis PT Musim Panen Harmonis. Hasil penelitian berupa beberapa perbaikan strategi yang direkomendasikan untuk perusahaan. Strategi pengembangan bisnis PT Musim Panen Harmonis melibatkan perbaikan pada semua elemen BMC. Analisis SWOT mengidentifikasi sejumlah strategi alternatif, seperti perluasan ke pasar UMKM, pemasaran digital yang lebih efektif, diversifikasi produk, perbaikan pengemasan produk, dan penawaran promosi harga.

Published
2024-04-29