Strategi Kampanye Public Relations Dalam Membangun Kesadaran Tentang Kesehatan Seksual (Studi Kasus: “Hotel For Play”)

Public Relations Campaign Strategy in Building Awareness About Sexual Health (Case Study: “Hotel For Play”)

  • Mohammad Shihab Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Humaniora, President University, Jalan Ki Hajar Dewantara Mekarmuti Cikarang Utara, Bekasi, Indonesia
Keywords: Public relations campaign, sexual health, Hotel For Play

Abstract

The importance of public awareness of sexual and reproductive health is often underestimated. This is because some Indonesian people still consider that discussion on sexual health is taboo. In fact, the lack of awareness of sexual health can lead to unplanned pregnancies and transmission of sexually transmitted diseases. This research is conducted to analyze the implementation of the “Hotel For Play” public relations campaign in building awareness sexual health awareness. All data used in this study come from reliable documents, including reputable news articles, journal articles, social media content relevant to the campaign, and company websites. The results showed that this campaign was carried out through special events themed as educational exhibitions and alliances with Tiktok creators and also sexual health practitioners. Information disseminated by Tiktok creators and journalists also create audience interest in participating in this campaign.

ABSTRAK

Pentingnya kesadaran masyarakat tentang kesehatan seksual dan reproduksi masih sering disepelekan. Sebagian masyarakat Indonesia masih menganggap bahwa kesehatan seksual merupakan hal yang tabu untuk diperbincangkan. Padahal, kurangnya kesadaran kesehatan seksual dapat berkontribusi pada kehamilan yang tidak direncanakan dan penularan penyakit menular seksual. Penelitian kualitatif ini dilakukan untuk menganalisa implementasi kampanye public relations “Hotel For Play” dalam membangun kesadaran tentang kesehatan seksual. Seluruh data yang digunakan pada penelitian ini berasal dari dokumen yang terpercaya, di antaranya artikel berita bereputasi, artikel jurnal, konten media sosial yang relevan dengan kampanye, dan website perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye ini dilakukan dengan acara khusus bertema pameran edukatif dan aliansi bersama kreator Tiktok serta praktisi kesehatan seksual. Informasi yang disebarkan oleh para kreator Tiktok dan wartawan juga membantu menciptakan ketertarikan serta minat audiens untuk berpartisipasi pada kampanye ini. Dalam satu bulan, kampanye edukasi seksual ini berhasil mendatangkan 30 ribu audiens pameran berusia minimal 17 tahun; menjangkau 13 juta penonton di Tiktok; dan menghasilkan 500 konten di media sosial Instagram.

Published
2023-04-13