Pengaruh Variasi Ukuran Butiran Tepung Kedelai pada Metode Calcite Precipitation untuk Peningkatan Kekuatan Tanah Pasir
Abstract
Kedelai merupakan alternatif penggunaan enzim urease murni komersial dalam metode calcite precipitation. Ukuran butiran tepung kedelai merupakan salah satu faktor penting karena berpengaruh terhadap jumlah material yang tidak terlarut dan selanjutnya terhadap reaksi pembentukan kalsit. Tepung kedelai yang digunakan dalam penelitian ini telah diayak dengan saringan No. 300 (50 μm), No. 150 (100 μm), dan No. 75 (200 μm) dan bagian yang tertahan di setiap saringan digunakan dalam penelitian. Larutan tepung kedelai dengan konsentrasi sebanyak 20 g/L digunakan dan disaring melalui saringan No. 400 (40 μm), untuk mendapatkan ekstrak. Pasir Bangka digunakan sebagai sampel tanah pasir dan memiliki koefisien keseragaman sebesar 1.53. Evaluasi kemudian dilakukan dengan mengggunakan tiga parameter yaitu pengendapan kalsit, laju hidrolisis urea, dan evaluasi calcite content menggunakan asam klorida. Berdasarkan uji pengendapan kalsit dengan menggunakan tabung, semakin kecil ukuran biji kedelai, semakin banyak bahan tak terlarut yang dihasilkan. Rasio presipitasi kalsit dan massa kalsit yang diendapkan optimum tercapai pada ukuran butiran kedelai 100 μm. Laju hidrolisis tertinggi terjadi pada ukuran butiran kedelai 50 μm pada 752 U/g. Persentase kalsit tertinggi di dalam sampel terbentuk pada sampel dengan ukuran butiran kedelai 50 μm dengan persentase massa kalsit sebesar 0.60% atau setara dengan 43.81 kPa. Berdasarkan parameter yang dievaluasi, tepung kedelai dengan ukuran 50 μm memiliki hasil terbaik dan penurunan ukuran butiran tepung kedelai sejalan dengan peningkatan kekuatan tanah pasir.
Downloads
References
[PP] Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Hidup. Jakarta (ID): Pemerintah Republik Indonesia; 2021.
Wardhana WA. Dampak Pencemaran Lingkungan, Edisi Revisi. Yogyakarta (ID): Andi Press; 2004.
Daryanto. Masalah Pencemaran. Bandung (ID): PT. Tarsito; 2004.
JSIL | Dewapandhu dan Pribadi: Analisis Penyebaran Gas Nitrogen Dioksida (NO2) dengan Menggunakan Model Caline-4 76
[BPS] Badan Pusat Statistik Kabupaten Bogor. Kabupaten Bogor Dalam Angka 2021. Penyediaan Data Untuk Perencanaan Pembangunan. Bogor (ID): 2021.
Firdaus E. Analisis sebaran gas NO2 di wilayah Jabodetabek periode 2005-2013 menggunakan data Ozone Monitoring Instrument (OMI) pada satelit Aura [skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor; 2014.
Putri YN. Analisis pengaruh beban emisi CO dan NO2 dari kendaraan bermotor terhadap kualitas udara ambien roadside [skripsi]. Medan: Universitas Sumatera Utara; 2017.
Benson P. CALINE 4-A Dispersion Model for Predicting Air Pollutant Concentrations Near Roadways. Sacramento (US): California Department of Transportation; 1989.
[BSN] Badan Standardisasi Nasional. SNI 19-7119.2-2005. Udara Ambien–Bagian 2: Cara Uji Kadar Nitrogen Dioksida (NO2) dengan Metode Griess Saltzman menggunakan Spektrofotometer. Jakarta (ID): Badan Standardisasi Nasional; 2005.
[Permen] Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Pengendalian Pencemaran Udara Di Daerah. Jakarta (ID): Kementerian Negara Lingkungan Hidup; 2010.
Muchtar F. Analisis emisi kendaraan berbasis model Caline-4 di jalan nasional pada kawasan Mamminasata [skripsi]. Makassar (ID): Universitas Hasanuddin Makasar; 2018.
LAPAN. Proses fotokimia atmosfer laju fotolisis NO2 dan fotoketunakan NO/NO2/O3 Studi kasus di Jakarta. Warta LAPAN. 2 (1): 40–44; 2000.
Utami AR, Surachman L. Evaluasi azimuth landasan Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara dengan metode windrose. Jakarta: Universitas Trisakti. 2019.
Muziansyah D, Sulistrorini R, Sebayang S. Model emisi gas buangan kendaraan bermotor akibat aktivitas transportasi (Studi kasus: Terminal Pasar Bawah Ramayana Kota Bandar Lampung). JRSDD. 3(1): 57–70; 2015.
Dwirahmawati F, Nasrullah N, Sulistyantara B. Analisis perubahan konsentrasi nitrogen dioksida (NO2) pada area bervegetasi dan tidak bervegetasi di jalan simpang susun. Jurnal Lanskap Indonesia. 10(1):1317; 2018.
Bachtiar VS, Ritonga SH. Uji validasi program Caline-4 terhadap dispersi gas NO2 dari sektor transportasi di Kota Padang. Padang (ID): Seminar Nasional Sains dan Teknologi Lingkungan II. 16 Oktober 2016.
Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, JSIL agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).