Jurnal Riset Kapal Perikanan https://journal.ipb.ac.id/index.php/jrisetkapal en-US yopi_novita@apps.ipb.ac.id (Yopi Novita) trinanda@apps.ipb.ac.id (Tri Nanda Citra Bangun) Thu, 30 Dec 2021 09:14:16 +0700 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Design Characteristic of Static Fishing Boat on Sunda Strait https://journal.ipb.ac.id/index.php/jrisetkapal/article/view/36263 <p><em>Fishing vessels operating static fishing gear in the Sunda Strait and based at the Coastal Fishing Port (PPP) Labuan are dominated by gillnets and hook and line. Even though they use the same operating method, the boat designs used can be different. This study aims to determine the characteristics of the static fishing boat that operating in the Sunda Strait. Data collection was conducted in October-December 2008 around PPP Labuan using a laser distance meter. The ships that were sampled were 8 units of gillnet boat and 5 units of hook and line fishing boats. The results showed that the ratio of the main dimensions of the static fishing boat in the Sunda Strait was still by the reference value with the overall shape of the bow is rake bow. The hull shape of the gillnet fishing boat consists of a u-bottom and a round flat bottom, while the hook and line fishing boat is entirely u-bottom. The design of the static fishing vessel in the Sunda Strait is following the basic needs of the static gear fleet, which prioritizes high stability and a large work area compared to the speed of the ship.</em></p> Adi Susanto Copyright (c) 2021 Jurnal Riset Kapal Perikanan https://journal.ipb.ac.id/index.php/jrisetkapal/article/view/36263 Wed, 25 Aug 2021 00:00:00 +0700 Gyroscope Sebagai Alternatif Pengganti Katir Pada Kapal Berbentuk Slender https://journal.ipb.ac.id/index.php/jrisetkapal/article/view/38181 <p>Kapal penangkap ikan di Indonesia, masih banyak yang dilengkapi katir untuk meningkatkan stabilitas kapal, terutama pada kapal-kapal berbentuk ramping atau <em>slender</em>.&nbsp; Akan tetapi keberadaan katir juga memiliki risiko, terutama saat kapal-kapal tersebut hendak berlabuh di suatu tempat pendaratan. Hal ini terjadi karena antar katir saling bersinggungan dan dapat mengakibatkan patahnya katir atau bahkan hingga membalikkan kapal. Saat ini perkembangan teknologi di bidang perkapalan sudah semakin maju. Salah satunya dengan ditemukannya <em>marine gyrostabilizer</em> yaitu perangkat yang memanfaatkan prinsip kerja <em>gyroscope</em> dalam menjaga olah gerak kapal yang disebabkan gangguan gaya eksternal. Sehingga muncul suatu pemikiran untuk memanfaatkan teknologi <em>marine gyrostabilizer </em>sebagai pengganti katir pada kapal berbentuk <em>slender. </em>Penelitian ini bertujuan untuk merancang <em>gyrostabilizer </em>dan posisi penempatannya di atas model kapal berbentuk <em>slender. </em>Penelitian ini dilakukan secara eksperimental dengan menggunakan model kapal berbentuk ramping atau <em>slender</em> dengan dimensi utama LOA (65cm), LPP (58,19cm), B (16cm), D (8,5cm), d (3,1cm) dan <em>ton displacement </em>0,00141 ton (1,41 kg)<em>. </em>Eksperimen dilakukan untuk mendapatkan data berupa performa gerakan <em>rolling</em> kapal yang dilengkapi dengan <em>gyroscope </em>dan tanpa <em>gyroscope</em>, sehingga dapat diperoleh performa dan pengaruh keberadaan <em>gyroscope </em>dalam mempertahankan stabilitas kapal berbentuk <em>slender.</em> Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai profil gerakan <em>rolling</em> pada perlakuan model kapal yang dilengkapi dengan <em>gyroscope </em>lebih baik dibandingkan perlakuan pada model kapal yang tidak dilengkapi <em>gyroscope</em> dan performa penggunaan <em>prototype gyroscope</em> memiliki kemampuan meredam <em>rolling</em> model kapal <em>slender</em> sebesar 68,45%</p> Rofiq Ardhi, Mohammad Imron, Yopi Novita Copyright (c) 2021 Jurnal Riset Kapal Perikanan https://journal.ipb.ac.id/index.php/jrisetkapal/article/view/38181 Thu, 30 Dec 2021 09:09:17 +0700