University Libraries in Industrial Era 4.0

  • Janti G. Sujana Perpustakaan IPB
Keywords: industry 4.0; librarian competency; service demands; university libraries

Abstract

Tuntutan adanya perubahan terhadap perpustakaan perguruan tinggi di era industri 4.0 semakin nyata. Tulisan ini didasarkan pada berbagai studi literatur terkait tuntutan pengguna perpustakaan perguruan tinggi masa kini akan layanan yang bersifat non-konvensional, walaupun masih ada tuntutan pada layanan yang konvensional. Dibahas juga hasil pengamatan pada web perpustakaan dari perguruan tinggi terkemuka yang memperlihatkan betapa perpustakaan-perpustakaan tersebut telah melakukan transformasi layanannya dengan tidak hanya menyediakan informasi dan mendiseminasikan informasi kepada penggunanya, tetapi berperan aktif dalam proses penelitian sivitas akademika dari persiapan penelitian sampai dengan mempublikasikan hasil penelitian. Kompetensi pustakawan menghadapi era industri 4.0 juga dibahas pada tulisan ini. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arkeman, Y., Buono, A., & Seminar, K.B. (2019). Revolusi industri 4.0. Dalam Safari, A., Aruman, A.E., & Anggraini, E. (ed.). IPB 4.0: Pemikiran, gagasan, dan implementasi, hlm. 1-5. Bogor: IPB Press.

Burress, T., Mann, E. & Neville, T. (2020). Exploring data literacy via a librarian – faculty learning community: A case study. The Journal of Academic Librarianship, 46, 102076. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2019.102076.

Flood, A. (2019). Britain has closed almost 800 libraries since 2010, figures show. The Guardian, 6 December. Diunduh dari https://www.theguardian.com/books/2019/dec/06/britain-has-closed-almost-800-libraries-since-2010-figures-show.

Ince, S. (2018). Trends in academic libraries graduate student services: A case study. The Journal of Academic Librarianship, 44, 426-429. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2018.02.012.

Lam, E.T.H., Au, C.H., Chiu, D.K.W. (2019). Analysing the use of Facebook among university libraries in Hong Kong. The Journal of Academic Librarianship, 45, 175-183. https://doi.org/10.1016/ j.acalib.2019.02.007.

Lie, B., Song, Y., Lu, X., & Zhou, L. (2020). Making the digital turn: Identifying the user requirements of digital scholarship services in university libraries. The Journal of Academic Librarianship, 46, 1-10. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2020.102135.

Li, S., Jiao, F., Zhang, Y. & Xu, X. (2019). Problems and changes in digital libraries in the age of big data from the perspective of user services. The Journal of Academic Librarianship, 45, 22-30. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2018.11.012.

Narendra, A.P. (2015). Data besar, data analisis, dan pengembangan kompetensi pustakawan. Record and Library Journal, 1(2), 83-93.

Nasution, S.H. (2018). Pentingnya literasi teknologi bagi mahasiswa calon guru matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 14-18.

Pratama, P. (2018). Revolusi industry 4.0: peluang pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi. Media Pustakawan, 25(3), 35-41.

Satria, A. (2019). Inspirasi, inovasi, dan integritas. Dalam Safari, A., Aruman, A.E., & Anggraini, E. (ed.) IPB 4.0: Pemikiran, gagasan, dan implementasi, hlm. v-x. Bogor: IPB Press.

Sujana, J.G., Siswadi, F., & Isriyanti. (2019). Layanan manajemen data penelitian di Perpustakaan IPB: Sebuah tantangan. Bogor: Perpustakaan IPB.

Techataweewan, W. & Prasertsin, U. (2018). Development of digital literacy indicators for Thai undergraduate students using mixed method research. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39, 215-221. http://dx.doi.org/10.1016/j.kjss.2017.07001.
Published
2021-06-20
How to Cite
SujanaJ. G. (2021). University Libraries in Industrial Era 4.0. Jurnal Pustakawan Indonesia, 20(1), 22-34. https://doi.org/10.29244/jpi.20.1.22-34