PENGEMBANGAN VIDEO PENDIDIKAN PEMUSTAKA UNTUK ANAK USIA DINI
Abstract
Minat baca masyarakat Indonesia berada pada peringkat 60 dari 61 negara berdasarkan hasil penelitian world’s most literate nations ranked tahun 2016 lalu. Minat baca tidak dapat tumbuh begitu saja, melainkan perlu ditumbuhkan sejak usia dini dan perpustakaan menjadi sentral penting di luar keluarga untuk mendukungnya. Menggunakan metode R&D penulis mengembangkan video animasi untuk memperkenalkan perpustakaan kepada anak usia dini. R&D menghasilkan sebuah produk yaitu berupa video pendidikan pemustaka anak usia dini. Setelah produk diuji cobakan kepada anak usia dini diperoleh nilai rata-tata pengujian 82,85%. Jadi dapat disimpulkan bahwa, produk berupa video pendidikan pemustaka dapat dijadikan pilihan dalam memperkenalkan perpustakaan kepada anak usia dini.
Kata Kunci: Pendidikan Pemakai, Video, Anak Usia Dini, Minat Baca
Downloads
©2024 IPB Journal. All Rights Reserved