Peran Pustakawan Pendidikan Jarak Jauh di era Disrupsi: Studi kasus di Perpustakaan Universitas Terbuka
Abstract
Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, dunia kini memasuki era Revolusi Industri 4.0, yakni menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau yang dikenal dengan fenomena disruptive innovation. Universitas Terbuka yang menggunakan pembelajaran jarak jauh terhadap mahasiswanya tersebar dipenjuru nusantara dan di 24 negara, dalam perkuliahan di Universitas Terbuka (UT) dimana Modul (Bahan ajar) menjadi wakil dosen bagi mahasiswa,namun sejak era digital UT sudah melakukan Tutorial online (Tuton) sehingga dapat menjembatani mahasiswa dengan Dosen(Tutor). Begitu juga dalam layanan Perpustakaan, UT telah melalukan layanan secara elektronik. Seperti Ruang baca Virtual (RBV) yang menjadi primadona bagi mahasiswa UT.disamping Repository dan layanan e-Resources. Pustakawan UT diharuskan bersahabat dengan perkembangan internet, termasuk media social di era digital seperti ini.disamping itu pustakawan harus mampu mengubah pola fikir untuk menjadi mitra bagi peneliti di perguruan tinggi. Bahkan sekarang bisa di bilang era “Pustakawan digital”.
Downloads
©2024 IPB Journal. All Rights Reserved