Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Hunian Green Product

  • Widya Wardhani Program Studi Manajemen dan Bisnis Institut Pertanian Bogor
  • Ujang Sumarwan Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor
  • Lilik Noor Yuliati Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian green product hunian; 2) Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen keputusan pembelian green product hunian; 3) Menganalisis pengaruh persepsi konsumen dan preferensi keputusan pembelian green product hunian. Data yang diperoleh dari 151 responden dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok penghuni dan kelompok non penghuni. Dalam penelitian ini, dikembangkan model dengan 30 indikator (27 indikator eksogen, 3 indikator endogen). Data dianalisis dengan Analisis Partial Least Square menggunakan program SmartPLS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel produk, fasilitas, citra pengembang, metode pembayaran dan lingkungan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian green product hunian, sementara variabel harga, promosi, dan faktor sosial tidak berpengaruh secara signifikan.

Kata kunci :           keputusan pembelian, partial least square, persepsi konsumen, preferensi konsumen, produk ramah lingkungan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-05-27
How to Cite
WardhaniW., SumarwanU., & YuliatiL. N. (2016). Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Hunian Green Product. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 6(1), 45-63. https://doi.org/10.29244/jmo.v6i1.12183
Section
Sumber daya Manusia dan Organisasi