DAMPAK PERKEMBANGAN TOKO MODERN TERHADAP KINERJA PEDAGANG PRODUK PERTANIAN PADA PASAR TRADISIONAL DI KOTA BEKASI
Abstract
This study is aimed to analyze the changes of agricultural products trader performance in traditional markets and the factors that influence the changes of revenue and profits of the agricultural products traders as the effect of the growing number of modern stores in Bekasi. Processing and data analysis methods used in this study are quantitative analysis and qualitative analysis. The methods used to analyze changes in the performance of the agricultural product traders in traditional markets is paired t-test. The method to analyze the factors that influence changes in revenue and profits of the agricultural product traders in traditional markets is OLS. Results of paired t-test shows that there are changes in revenue, profit, operating hours, circulation of goods, number of buyers, the number of customers and employees after the modern market development. Analysis of OLS shows that dummy variables of gender, education level, number of kiosk, space of kiosk, rice main commodity also fresh fruits and vegetables main commodity significantly influence the total revenue. Meanwhile, dummy variables of gender, level of education, trading experience, number of kiosk, space of kiosk and location significantly influence profit.
Keywords: traders, traditional market, modern stores, paired t-test, multiple regressions
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perubahan kinerja pedagang produk pertanian dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perubahan omzet dan keuntungan pedagang produk pertanian pada pasar tradisional setelah meningkatnya jumlah toko modern di Kota Bekasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis perubahan kinerja pedagang produk pertanian pada pasar tradisional adalah uji-t berpasangan. Metode untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perubahan omzet dan keuntungan pedagang produk pertanian pada pasar tradisional adalah Ordinary Least Square (OLS). Hasil analisis uji-t berpasangan menunjukkan bahwa variabel omzet, keuntungan, jam operasional, sirkulasi barang, jumlah pembeli, jumlah pelanggan serta jumlah pegawai pedagang produk pertanian pada pasar tradisional mengalami perubahan setelah perkembangan toko modern. Hasil analisis OLS menunjukkan bahwa variabel dummy jenis kelamin, tingkat pendidikan, jumlah kios, luas kios, dummy komoditas utama beras serta dummy komoditas utama buah dan sayur berpengaruh nyata pada omzet. Variabel yang berpengaruh nyata terhadap keuntungan adalah dummy jenis kelamin, tingkat pendidikan, pengalaman berdagang, jumlah kios, luas kios dan dummy lokasi merupakan faktor yang berpengaruh nyata pada keuntungan.
Kata kunci: pedagang, pasar tradisional, toko modern, uji-t berpasangan, regresi berganda
Keywords: traders, traditional market, modern stores, paired t-test, multiple regressions
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perubahan kinerja pedagang produk pertanian dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perubahan omzet dan keuntungan pedagang produk pertanian pada pasar tradisional setelah meningkatnya jumlah toko modern di Kota Bekasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis perubahan kinerja pedagang produk pertanian pada pasar tradisional adalah uji-t berpasangan. Metode untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perubahan omzet dan keuntungan pedagang produk pertanian pada pasar tradisional adalah Ordinary Least Square (OLS). Hasil analisis uji-t berpasangan menunjukkan bahwa variabel omzet, keuntungan, jam operasional, sirkulasi barang, jumlah pembeli, jumlah pelanggan serta jumlah pegawai pedagang produk pertanian pada pasar tradisional mengalami perubahan setelah perkembangan toko modern. Hasil analisis OLS menunjukkan bahwa variabel dummy jenis kelamin, tingkat pendidikan, jumlah kios, luas kios, dummy komoditas utama beras serta dummy komoditas utama buah dan sayur berpengaruh nyata pada omzet. Variabel yang berpengaruh nyata terhadap keuntungan adalah dummy jenis kelamin, tingkat pendidikan, pengalaman berdagang, jumlah kios, luas kios dan dummy lokasi merupakan faktor yang berpengaruh nyata pada keuntungan.
Kata kunci: pedagang, pasar tradisional, toko modern, uji-t berpasangan, regresi berganda
Authors
ZahratainI., & AnggraeniL. (2015). DAMPAK PERKEMBANGAN TOKO MODERN TERHADAP KINERJA PEDAGANG PRODUK PERTANIAN PADA PASAR TRADISIONAL DI KOTA BEKASI. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 11(2), 119-128. https://doi.org/10.17358/jma.11.2.119-128
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).