ANALISIS PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG SAWIT: STUDI KASUS PADA WARGA KOREA DI KABUPATEN BEKASI

  • Intan Pratama Universitas Padjadjaran
  • Ernah Ernah Universitas Padjadjaran

Abstract

Proses keputusan pembelian konsumen merupakan suatu kemungkinan tindakan yang dapat terjadi dan berhubungan dengan berbagai hal seperti faktor budaya dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik konsumen, proses keputusan pembelian, serta hubungan faktor budaya dan sosial dengan proses keputusan pembelian minyak goreng sawit warga Korea. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional study. Sampel penelitian sebanyak 42 responden yang dipilih melalui teknik snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa angket selanjutnya dilakukan analisis deskriptif dan korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden adalah ibu rumah tangga yang memiliki pendapatan bulanan keluarga sebesar >Rp50.000.000,00. Frekuensi pembelian minyak goreng adalah sebulan sekali dengan kuantitas sebanyak 1-2 liter. Alasan utama konsumen melakukan proses pembelian adalah untuk memperoleh produk berkualitas baik dengan harga terjangkau. Sumber informasi diperoleh dari toko dengan jenis informasi yang menjadi fokus utamanya adalah kualitas. Konsumen merasa puas dan berniat membeli kembali minyak goreng sawit. Faktor budaya memiliki hubungan yang signifikan, positif, dan kuat dengan keputusan pembelian sementara faktor sosial memiliki hubungan yang signifikan, positif, dan rendah dengan keputusan pembelian. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi mengenai perilaku Konsumen Korea khususnya dalam proses keputusan pembelian minyak goreng sawit.

Author Biographies

Intan Pratama, Universitas Padjadjaran

Departemen Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran, Terakreditasi A

Ernah Ernah, Universitas Padjadjaran

Departemen Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran, Terakreditasi A

References

Amalia, F., Retnaningsih, & Johan, I. R. (2010). Perilaku penggunaan minyak goreng serta pengaruhnya terhadap keikutsertaan program pengumpulan minyak jelantah di Kota Bogor. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 3(2), 184-189. doi:10.24156/jikk.2010.3.2.184.

Anggraeni, F., & Adiwijaya, M. (2017). Analisis pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian minyak goreng Letizia di Pandaan. Agora, 5(1), 15-22.

Asprilia, M. T., & Hami, A. E. (2021). Persepsi nilai mewah pada konsumen tas branded: Kajian nilai budaya di Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 14(1), 76-87. doi:10.24156/jikk.2021.14.1.76.

Bordin, K., Kunitake, M. T., Aracava, K. K., & Trindade, C. S. F. (2013). Changes in food caused by deep fat frying-a review. Archivos latinoamericanos de nutricion, 63(1), 5-13.

[BPS] Badan Pusat Statistik. (2019). Pengeluaran untuk Konsumsi Penduduk Indonesia per Provinsi. Retrieved from https://www.bps.go.id/publication/2019/06/28/c27c8e5d87315a29c3f76b8a/pengeluaran-untuk-konsumsi-penduduk-indonesia-per-provinsi-september-2018.html.

Budijanto, S., & Sitanggang, A. B. (2016). Kajian keamanan pangan dan kesehatan minyak goreng. Jurnal Pangan, 19(4), 361-372. doi:10.33964/jp.v19i4.165.

Budiman, S. (1997). Pengaruh faktor kebudayaan terhadap keputusan pembelian oleh konsumen. Bina Ekonomi, 1(1), 36-42.

Bukhori, M., & Ekasari, T. (2017). Faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian minyak goreng Bimoli pada ibu rumah tangga Desa Kebonagung Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2), 11-19. doi:10.32812/jibeka.v11i2.40.

Delima, S., & Nasution, M. P. (2020). Analisis faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian minyak goreng curah. Agriprimatech, 4(1), 1-6. doi:10.34012/agriprimatech.v4i1.1219.

Dwinada, F. (2012). Analisis faktor-faktor keputusan pembelian minyak goreng kemasan merek Bimoli (Studi kasus: Rumah tangga di Kota Bogor) (Thesis). Bogor, ID: Institut Pertanian Bogor.

Ekaprana, I. D. G. A., Jatra, I. M., & Giantari, I. G. A. K. (2020). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan dan citra merek terhadap niat pembelian ulang. E-Jurnal Manajemen, 9(8), 2895-2914. doi:10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i08.p0.

Haryono, H. (2017). Globalisasi dan migrasi tenaga kerja Indonesia: Studi deskriptif sosiologi kependudukan. Hermeneutika: Jurnal Hermeneutika, 3(2), 1-13. doi:10.30870/hermeneutika.v3i2.3084.

Henny, Z., Rochayanti, C., & Isbandi, I. (2011). Komunikasi antarbudaya mahasiswa Korea Selatan di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi Terakreditasi, 9(1), 40-48.

Jimanto, R. B. (2014). Pengaruh service quality terhadap loyalitas pelanggan dengan customer satisfaction sebagai variabel intervening pada ritel bioskop The Premiere Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-7.

Karosekali, A. S., & Natasha, N. (2018). Analisis faktor-faktor keputusan pembelian konsumen minyak goreng pada merek Filma (Studi kasus: Brastagi Supermarket Cabang Gatot Subroto Medan). Agriprimatech, 2(1), 29-39.

Kartika, A., & Ningsih, T. (2017). Analisis pengaruh faktor marketing mix terhadap keputusan pembelian minyak goreng kemasan di Pasar Tradisional Sukaramai Medan. Jurnal Agro Estate, 1(1), 62-72. doi: 10.47199/jae.v1i1.62.

Kementerian Pertanian. (2019). Buletin konsumsi pangan. Retrieved from http://epublikasi.setjen.pertanian.go.id/download/file/519-buletin-konsumsi-pangan-s2-2019.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management: Global edition (15th ed.). New Jersey, NJ: Pearson.

Kumar, M. S. (2014). Brand preference and buying decision: A study with reference to organized Indian edible oil brands. African Journal of Marketing Management, 6(2), 17-26. doi: 10.5897/AJMM2013.0353.

Kusumawaty, Y., Edwina, S., & Sifqiani, N. S. (2019). Sikap dan perilaku konsumen minyak goreng curah dan kemasan di Kota Pekanbaru. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis, 3(2), 111-122. doi:10.31294/jeco.v3i2.5476.

Listiana, E. (2012). Pengaruh country of origin terhadap perceived quality dengan moderasi etnosentris konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 21-47.

Magdalena, S., Kusumawaty, Y., & Maharani, E. (2019). Sikap dan perilaku belanja konsumen minyak goreng kemasan di Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Jurnal Agribisnis, 21(1), 36-48. doi:10.31849/agr.v21i1.2570.

Masbudi, M., Yuwono, E. C., & Kurniawan, A. S. (2014). Perancangan buku pengenalan makanan khas Korea. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4), 1-13.

Nasution, M. P., & Syuhada, M. F. (2018). Pengaruh pendapatan, harga dan merek (Bimoli dan Filma) terhadap jumlah minyak goreng yang dibeli. Agriprimatech, 2(1), 19-28.

Newsroom Diskominfosantik. (2020). Bekasi: Ada 5.174 WNA tinggal di Kabupaten Bekasi. Retrieved from http://bekasikab.go.id/berita/2322/kantor-imigrasi-bekasi--ada-5174-wna-tinggal-di-kabupaten-bekasi.

Pasaribu, R. F. A., Kakana, L. A., Hutahuruk, T. E., & Hutasoit, E. A. (2019). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian minyak goreng Bimoli pada PT. Salim Ivomas Pratama, Tbk Lubuk Pakam. Jurnal Ilmiah Socio Secretum, 9(1), 183-194.

Pinem, L. J., & Safrida. (2018). Analisis faktor-faktor keputusan pembelian minyak goreng Bimoli di Kecamatan Kota Pinang, Kab. Labuhanbatu Selatan. Agriprimatech, 1(2), 33-38.

Qorima, R. N., Prasmatiwi, F. E., & Adawiyah, R. (2014). Tingkat kepuasan dan loyalitas ibu rumah tangga dalam mengonsumsi minyak goreng kemasan di Kota Bandar Lampung. Journal of Agribusiness Science, 2(3), 285-294. doi:10.23960/jiia.v2i3.285-294.

Ramya, N., & Ali, S. M. (2016). Factors affecting consumer buying behavior. International Journal of Applied Research, 2(10), 76–80.

Rencidiptya, T. A., & Hasanah, U. (2020). Daya tarik menjamurnya restoran Korea di Yogyakarta. Jurnal Sosiologi Reflektif, 14(2), 255-270. doi:10.14421/jsr.v14i2.1762.

Rochaeni, S. (2013). Analisis persepsi, kesadaran, dan preferensi konsumen terhadap buah lokal. Agribusiness Journal, 7(1), 91-104. doi:10.15408/aj.v7i1.5172.

Sandjaja, Sudikno, S., & Jus’at, I. (2015). Konsumsi minyak goreng dan vitamin A pada beberapa kelompok umur di dua kabupaten. Nutrition and Food Research, 38(1), 1-10. doi:10.22435/pgm.v38i1.4415.1-10.

Sidjabat, F. M., & Runtuk, J. K. (2019). Pengembangan model pemilihan green supplier di kawasan industri Cikarang. Journal of Environmental Engineering and Waste Management, 4(1), 9-20. doi:10.33021/jenv.v4i1.659.

Sormin, D. W., & Waluyo, T. J. (2018). Pengaruh investasi Korea Selatan melalui PT. Hankook Tire Indonesia terhadap perekonomian masyarakat Jawa Barat. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 5(1), 1-12.

Suastika, I. N. (2021). Analisis komparasi social studies di China dan Korea Selatan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 60-69.

Sukmaningtyas, A., & Hartoyo. (2013). Pengaruh nilai dan gaya hidup terhadap preferensi dan perilaku pembelian buah-buahan impor. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 6(1), 39-48. doi:10.24156/jikk.2013.6.1.39.

Sundari, Y., Harisudin, M., & Agustono. (2018). Analisis faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian minyak goreng bimoli di pasar swalayan Kabupaten Wonogiri. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 15(1), 39-49. doi:10.20961/sepa.v15i1.25048.

Top Brand Award. (2020). Top Brand Index Fase 1 2020. Retrieved from www.topbrand-award.com/top-brand-index/.

Topcu, Y., Turhan, B., & Uzundumlu, A. S. (2010). Analysis of factors affecting Turkish sunflower oil consumer behavior: The case of Erzurum province. Italian Journal of Food Science, 22(2).

Veterinawati, D. (2013). Pengaruh faktor sosial, pribadi, dan psikologis terhadap keputusan pembelian Blackberry di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(3), 746-759.

Yakup, D., Mucahit, C., & Reyhan, O. (2011). The impact of cultural factors on the consumer buying behaviors examined through an impirical study. International Journal of Business and Social Science, 2(5), 109–114. doi:10.24297/ jssr.v2i2.3108.

Published
2021-06-28
How to Cite
PratamaI., & ErnahE. (2021). ANALISIS PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG SAWIT: STUDI KASUS PADA WARGA KOREA DI KABUPATEN BEKASI . Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 14(2), 176-188. https://doi.org/10.24156/jikk.2021.14.2.176