Perancangan Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Sistem Informasi Akademik (SIMAK) menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: SIMAK Universitas Pakuan)

Muhamad Saad Nurul Ishlah, Nathasya Sri Wahyuni, Lita Karlitasari

Abstrak

SIMAK (Sistem Informasi Akademik) merupakan sebuah sistem yang dibangun untuk mendukung pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan, seperti proses registrasi, perkuliahan, evaluasi, serta pelaporan. Saat ini SIMAK banyak digunakan di perguruan tinggi, termasuk di Universitas Pakuan. Meski demikian, SIMAK yang digunakan saat ini oleh mahasiswa Universitas Pakuan adalah berbasiskan website dengan tampilan yang tidak responsif ketika dibuka di peramban web pada perangkat mobile. Akibatnya tampilan dan pengalaman pengguna SIMAK akan tetap seperti yang diperuntukan untuk pengguna website dan belum menyesuaikan dengan tampilan dan pengalaman pengguna pada perangkat mobile. Selain itu, Universitas Pakuan juga belum memiliki aplikasi mobile SIMAK sendiri yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan pengguna. Berdasarkan masalah tersebut, pada penelitian ini dilakukan perancangan antarmuka pengguna aplikasi mobile SIMAK Universitas Pakuan menggunakan pendekatan Design Thinking. Evaluasi dalam penelitian dilakukan dengan kuesioner berdasarkan persepsi pengguna terhadap lima aspek usability heuristic, yaitu Visibility of Status System, Match Between System and The Real World, Consistency and Standards, Recognition Rather Than Recall, dan Aesthetic and Minimalist. Selanjutnya dilakukan survey untuk mendapatkan umpan balik dari pengguna terkait perancangan antarmuka pengguna yang telah dibangun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan antarmuka pengguna aplikasi mobile SIMAK untuk Universitas Pakuan telah berhasil dirancang dengan prototipe sebagai luaran yang memiliki kinerja yang lebih baik dari sistem yang dibangun sebelumnya. Selain itu, hasil usability testing menunjukkan bahwa prototipe SIMAK berbasis mobile dapat diterima dengan baik oleh pengguna dan dapat dijadikan acuan untuk pengembangan aplikasi mobile SIMAK lebih lanjut.

Penulis

Muhamad Saad Nurul Ishlah
nurul.ishlah@unpak.ac.id (Kontak utama)
Nathasya Sri Wahyuni
Lita Karlitasari
IshlahM. S. N., WahyuniN. S., & KarlitasariL. (2024). Perancangan Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Sistem Informasi Akademik (SIMAK) menggunakan Metode Design Thinking: (Studi Kasus: SIMAK Universitas Pakuan). Jurnal Ilmu Komputer Dan Agri-Informatika, 11(1), 86-99. https://doi.org/10.29244/jika.11.1.86-99

Rincian Artikel

Tidak ada artikel terkait yang ditemukan