Perancangan Sistem Informasi Pertanian untuk Meningkatkan Partisipasi Petani dengan Pendekatan Gamifikasi

Mochammad Arief Hermawan Sutoyo, Dana Indra Sensuse

Abstrak

Sektor pertanian di Indonesia merupakan sektor penting untuk perekonomian dan stabilitas negara. Data dan informasi terkait komoditas pertanian dianggap penting oleh pemerintah yang dibuktikan dengan peraturan pemerintah yang mengatur permasalahan tersebut. Walau dianggap penting, namun masih terdapat masalah pada data pertanian, seperti tidak tepatnya data pertanian, bantuan pemerintah yang tak tepat sasaran dan permasalahan lahan pertanian yang di alih gunakan. Untuk mengatasi permasalahan ini, penulis memiliki hipotesa untuk membuat sistem informasi pertanian yang datanya dapat dimasukan secara mandiri. Selama penelitian berlangsung, didapatkan  bahwa sistem informasi yang sejenis telah dibuat, namun berdasarkan wawancara oleh narasumber, diketahui bahwa sistem tersebut mengalami kegagalan disebabkan tidak adanya motivasi petani untuk memasukan datanya menggunakan sistem informasi. Berdasarkan permasalahan ini peneliti mencoba merancang sistem informasi menggunakan gamifikasi yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi petani. Penelitian dilakukan menggunakan metodologi SSM yang dimofikasi dengan metodelogi perancangan gamifikasi. Setelah prototipe di sebarkan kepada pengguna yaitu petani, akademisi, pengusaha dan pemerintah terkait, skor dari kuesioner SUS adalah 60%, namun kebanyakan pengguna menyatakan bahwa akan menggunakan sistem informasi ini jika benar-benar diterapkan. Hasil penelitian ini juga ditemukan bahwa penggunaan gamifikasi dapat dimanfaatkan, namun belum terlalu menonjol kebermanfaatannya karena sistem masih berupa konsep dan diperlukannya perancangan yang berfokus pada satu komoditas terlebih dahulu dikarenakan berbedanya rantai pasok antara komoditas pertanian di Indonesia.

Penulis

Mochammad Arief Hermawan Sutoyo
mochammadarx@gmail.com (Kontak utama)
Dana Indra Sensuse
SutoyoM. A. H., & SensuseD. I. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pertanian untuk Meningkatkan Partisipasi Petani dengan Pendekatan Gamifikasi. Jurnal Ilmu Komputer Dan Agri-Informatika, 10(1), 86-97. https://doi.org/10.29244/jika.10.1.86-97

Rincian Artikel

Investigasi Awal Penggunaan Layanan Digital Perguruan Tinggi. Studi Kasus: IPB Mobile for Students

Dean Apriana Ramadhan, Firman Ardiansyah, Julio Adisantoso, Auzi Asfarian, Yani Nurhadryani
Abstract View : 965
Unduh :775