Rancang Bangun Aplikasi Order Menu Makanan dengan Penerapan Customer Relationship Management Studi Kasus: Kafe Bozzkost Karawang
Abstrak
Perkembangan usaha di Kota Karawang sudah semakin berkembang terlebih jenis usaha kuliner. Banyaknya kafe / rumah makan di Kota Karawang berlomba-lomba memberikan pelayanan yang terbaik kepada pembeli guna mendapatkan penilaian tinggi pada kafenya. Salah satu strategi dalam bidang pemasaran adalah customer relationship management (CRM) untuk meningkatkan loyalitas dan kepuasan pembeli. Secara umum, dapat dikatakan bahwa tujuan setiap strategi CRM untuk mengembangkan hubungan yang menguntungkan dengan pembeli. Sasaran utama dari CRM untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas perusahaan melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan atau perilaku pembeli. Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan strategi CRM dalam sebuah aplikasi pemesanan menu makanan yang digunakan oleh pembeli untuk memesan makanan di kafe Bozzkost. Dari hasil penerapan CRM tersebut dapat disimpulkan bahwa dari 30 pembeli yang mengisi kuesioner menyatakan Setuju pada aspek manfaat sebesar 54.2% yang artinya pembeli merasakan manfaat yang diberikan.
Kata Kunci: customer relationship management, sistem informasi, software development life cycle, web apps.