Rancang Bangun Aplikasi Order Menu Makanan dengan Penerapan Customer Relationship Management Studi Kasus: Kafe Bozzkost Karawang

Alvian Abdul Jabar, Ade Andri Hendriani, Adhi Rizal

Abstrak

Perkembangan usaha di Kota Karawang sudah semakin berkembang terlebih jenis usaha kuliner. Banyaknya kafe / rumah makan di Kota Karawang berlomba-lomba memberikan pelayanan yang terbaik kepada pembeli guna mendapatkan penilaian tinggi pada kafenya. Salah satu strategi dalam bidang pemasaran adalah customer relationship management (CRM) untuk meningkatkan loyalitas dan kepuasan pembeli. Secara umum, dapat dikatakan bahwa tujuan setiap strategi CRM untuk mengembangkan hubungan yang menguntungkan dengan pembeli. Sasaran utama dari CRM untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas perusahaan melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan atau perilaku pembeli. Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan strategi CRM dalam sebuah aplikasi pemesanan menu makanan yang digunakan oleh pembeli untuk memesan makanan di kafe Bozzkost. Dari hasil penerapan CRM tersebut dapat disimpulkan bahwa dari 30 pembeli yang mengisi kuesioner menyatakan Setuju pada aspek manfaat sebesar 54.2% yang artinya pembeli merasakan manfaat yang diberikan.


Kata Kunci: customer relationship management, sistem informasi, software development life cycle, web apps.

Penulis

Alvian Abdul Jabar
alvianabdul@apps.ipb.ac.id (Kontak utama)
Ade Andri Hendriani
Adhi Rizal
Abdul JabarA., HendrianiA. A., & RizalA. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Order Menu Makanan dengan Penerapan Customer Relationship Management: Studi Kasus: Kafe Bozzkost Karawang. Jurnal Ilmu Komputer Dan Agri-Informatika, 7(2), 114-123. https://doi.org/10.29244/jika.7.2.114-123
Copyright and license info is not available

Rincian Artikel

Investigasi Awal Penggunaan Layanan Digital Perguruan Tinggi. Studi Kasus: IPB Mobile for Students

Dean Apriana Ramadhan, Firman Ardiansyah, Julio Adisantoso, Auzi Asfarian, Yani Nurhadryani
Abstract View : 947
Unduh :772