Analisis Kinerja Ekspor alas kaki Indonesia ke kawasan ASEAN Institut Pertanian Bogor
Abstrak
Ekspor utama alas kaki Indonesia adalah ke Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa, sedangkan untuk kawasan terdekat dengan Indonesia, seperti ASEAN, nilai ekspor alas kaki Indonesia cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing dan kinerja ekspor alas kaki Indonesia ke kawasan ASEAN tahun 2010-2014. Negara mitra dalam penelitian ini adalah Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam. Analisis daya saing dilakukan dengan menggunakan indikator Revealed Comparative Advantages (RCA), Porter's Diamond, dan Export Product Dynamic (EPD). Hasil analisis RCA menunjukkan bahwa alas kaki Indonesia memiliki daya saing di semua negara kecuali Malaysia. Hasil model Porter's Diamond menunjukkan bahwa Indonesia memiliki daya saing yang kuat di sektor alas kaki. Hasil analisis EPD menunjukkan bahwa ekspor alas kaki ke sebagian besar negara mitra masuk dalam kriteria falling star. Selanjutnya, analisis kinerja ekspor alas kaki ke kawasan ASEAN dilakukan dengan menggunakan Gravity Model. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua variabel berpengaruh signifikan terhadap kinerja ekspor alas kaki. PDB per kapita Indonesia, jarak ekonomi, dan harga ekspor berpengaruh negatif terhadap kinerja ekspor, sedangkan PDB per kapita negara mitra berpengaruh positif. Depresiasi nilai tukar berdampak positif terhadap peningkatan kinerja ekspor.
Referensi
[Aprisindo] Aprisindo. [diunduh 2017 Maret]. Tersedia pada: http://www.aprisindo.or.id/
[Antara] Antara News. [diunduh 2017 Maret]. Tersedia pada: http://www.antaranews.com/
[Beritasatu] Berita Satu. [diunduh 2017 Maret]. Tersedia pada: http://www.beritasatu.com/
[Bisnis] Bisnis Indonesia. [diunduh 2017 Maret]. Tersedia pada: http://www.bisnis.com/
[BPS] Badan Pusat Statistik [Internet]. [diunduh pada 2016 Februari]. Tersedia pada: http://bps.go.id.
[CEPII] Centre d’Etudes Prospectives et d’Informations Internationales. Geodesic Distances [Internet]. [diunduh 2016 Februari]. Tersedia pada: http://www.cepii.fr/distance/dist_cepii.zip
Firdaus M. 2011. Aplikasi Ekonometrika Untuk Data Panel dan Time Series. Bogor (ID): IPB Press.
Gujarati DN, Porter DC. 2009. Basic Econometrics, 5th edition. New York (US): McGraw-Hill.
Hakim L dan Dahalan J. 2009. The global financial crisis and economic integration : evidence on ASEAN-5 countries. Journal of Indonesian Economy and Business 24(3): 291-300.
Hanoum, FN. 2016. Analisis kinerja ekspor elektronika indonesia ke Amerika Latin [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
[Jawapos] Jawa Pos. [diunduh 2017 Maret]. Tersedia pada: http://www.jawapos.com/
[Kemendag] Kementrian Perdagangan Republik Indonesia. [diunduh 2017 Februari]. Tersedia pada: http://www.kemendag.go.id/
[Kemenperin] Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. [diunduh 2017 Februari]. Tersedia pada: http://www.kemenperin.go.id/.
Kusuma RL, Firdaus M. 2015. Dayasaing dan faktor yang memengaruhi volume ekspor sayuran Indonesia terhadap negara tujuan utama. Jurnal Manajemen dan Agribisnis 12(3): 226-236.
Mankiw NG. 2007. Makroekonomi, Edisi 6. Fitria L, Imam N, penerjemah. Jakarta (ID): Erlangga. Terjemahan dari: Macroeconomics 6thEdition.
[Metro] Metro News. [diunduh 2017 Maret]. Tersedia pada: http://www.metrotvnews.com/
Oktaviani R, Novianti T. 2009. Teori Perdagangan dan Aplikasinya di Indonesia. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Pradipta A, Firdaus M. 2014. Posisi dayasaing dan faktor-faktor yang memengaruhi ekspor buah-buahan Indonesia. Jurnal Manajemen dan Agribisnis 11(2): 129-143.
Porter M. 1990. The Competitive Advantage of Nation. New York (USA): Harvard Business Review.
Safitri, A. 2016. Posisi dayasaing dan faktor-faktor yang memengaruhi ekspor otomotif Indonesia ke negara tujuan utama tahun 2009-2014 [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Salvatore D. 1997. Ekonomi Internasional. Haris M, penerjemah. Jakarta (ID): Erlangga. Terjemahan dari: International Economic.
[Sindo] Sindo News. [diunduh 2017 Maret]. Tersedia pada: http://www.sindonews.com/
[UNCOMTRADE] International Trade Statistics Database [diunduh 2017 Februari]. Tersedia pada : http://www.uncomtrade.org.
[UNCTADSTAT] United Nations Conference On Trade and Development. [diunduh 2017 Februari]. Tersedia pada: http:// www.uncomtrade.org.
Waristi FV. 2014. Religion and cultural factors in bilateral trade between Indonesia and ASEAN member countries. Jurnal Kajian Ekonomi dan Keuangan 18(2): 85-98.
[WITS] World Integrated Trade Solution. [diunduh Februari 2016]. Tersedia pada: http://wits.worldbank.org.
World Bank. [diunduh 2016 Januari – 2016 Februari]. Tersedia pada: http://www.worldbank.org
Yunia, SN. 2015. Analisis dayasaing dan faktor-faktor yang memengaruhi ekspor alas kaki Indonesia ke Amerika Latin [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Zahro BA. 2013. Analisis dayasaing dan faktor-faktor yang memengaruhi aliran ekspor alas kaki indonesia di kawasan Asean dan China [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Penulis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors who publis article(s) in Jurnal Ekonomi and Kebijakan Pembangunan have to understand and agree that the copyright of article published is owned by Jurnal ekonomi and Kebijakan pembangunan including to reproduce, distribute and sell this journal to public.