Date Log
Model dan Strategi Optimalisasi Bisnis Pelabuhan Non Komersial Di Indonesia
Corresponding Author(s) : Andi Hardianto
Policy Brief Pertanian, Kelautan, dan Biosains Tropika,
Vol. 6 No. 1 (2024): Policy Brief Pertanian, Kelautan dan Biosains Tropika
Abstract
Pelabuhan non komersial yang dikelola oleh Pemerintah dibangun dengan tujuan untuk melayani daerah terdepan, terluar, terdalam dan perbatasan yang belum terjangkau moda transportasi lainnya. Fungsi Pelabuhan non komersial saat ini hanya digunakan untuk bongkar muat barang kebutuhan masyarakat sekitar dan digunakan sebagai fasilitas sandar kapal perintis yang melayani pergerakan penumpang, khususnya pada daerah yang jaringan transportasi darat dan udaranya belum memadai. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi tipologi pelabuhan non komersial, memetakan tingkat utilisasi pelabuhan non komersial berdasarkan tipologi, merancang model optimalisasi bisnis pelabuhan non komersial, dan merumuskanstrategi bisnis pelabuhan non komersial
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
of Alternative Fuels and Cargo: A Case
Study of Yangtze River Ships. Renewable and Sustainable Energy Reviews. 173. https://doi.org/10.1016/j.rser.2022.113068.
[46]. Yan, Kang et.al. 2022. Red tide monitoring method in coastal waters of Hebei Province based on decision tree classification. Applied Mathematics and Nonlinear Sciences 7(1):43-60 DOI: 10.2478/amns.2022.1.00051.
[47]. Yap WY, Lam JSL. 2013. 80 million-twenty-foot-equivalent-unit container port? Sustainability Issues in port and coastal development. Ocean & Coastal Management. 71: 13–25. https://doi.org/10.1016/j.ocecoaman.2012.10.011
[48]. Yudhistira, M.H., Sofiyandi, Y. Seaport status, port access, and regional economic development in Indonesia. Marit Econ Logist 20, 549–568 (2018). https://doi.org/10.1057/s41278-017-0089-1
\