Date Log
Strategi Pengembangan Pasar Pangan Organik Berbasis Perilaku Konsumen dan Kepuasan Pelanggan Dalam Mendukung Ketahanan dan Keamanan Pangan
Corresponding Author(s) : Stevia Septiani
Policy Brief Pertanian, Kelautan, dan Biosains Tropika,
Vol. 4 No. 4 (2022): Policy Brief Pertanian, Kelautan dan Biosains Tropika
Abstract
Policy Brief ini merupakan salah satu output dari penelitian dasar hibah Kementerian Riset danTeknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun ke-3. Naskah ini merumuskan strategi pengembangan pasar pangan organik berbasis perilaku konsumen dan kepuasan pelanggan. Policy brief ini diharapkan dapat diimplementasikan oleh pemangku kepentingan untuk mendukung ketahanan dan keamanan pangan. Policy brief juga diharapkan dapat meningkatkan market share pangan organik di Indonesia serta menyukseskan program 1000 desa organik yang dicanangkan oleh pemerintah.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
[AOI] Aliansi Organis Indonesia. 2019 Statistik pertanian organik Indonesia 2019 (AR Firman, W David Eds.) Bogor, ID. [Intenet]. [diakses pada Agustus 2021, 21] http://www.aoi.ngo
LernoudJ, Willer H. 2017. Organic Agriculture Worldwide: Key results from the FiBL survey on organic agriculture world-wide 2019. Research Institute of Organic Agriculture (FIBL), Frick, Switzerland. [Intenet]. [diunduh 2021 Juli 25]. www.fibl.org
Najib M, Sumarwan U, Septiani S. 2020. Organic food market in java and bali: Consumer profile and marketing channel analysis. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan.14(2): 283-304. https://doi.org/10.30908/bilp.v14i2.447
Najib M, Sumarwan U, Septiani S. 2021. Laporan Forum Group Discussion dengan para Pakar Pertanian Organik: Strategi Pengembangan Pasar Pangan Organik Berbasis Perilaku Konsumen dan Kepuasan Pelanggan dalam Mendukung Ketahanan dan Keamanan Pangan. [2021 Agustus 23]. https://doi.org/10.29244/Agro-Maritim.v4.i4.14
Najib M, Sumarwan U, Septiani S, Waibel H, Suhartanto D, Fahma F. 2021. Individual and Socio-Cultural Factors as Driving Forces of the Purchase Intention for Organic Food by Middle Class Consumers in Indonesia. https://doi.org/10.1080/08974438.2021.1900015
Najib M, Sumarwan U, Septiani S, Fahma F. Application of SWOT-AHP to Develop Organic Food Marketing Strategy. https://www.abacademies.org/articles/application-of-swotahp-to-develop-organic-food-marketing-strategy-9999.html
Septiani S, Najib M, Sumarwan U. 2019. Egoistic and altruistic motives on the purchasing behavioral model of organic food in the Indonesian market. Proceeding In 2019 International Conference on Organizational Innovation (ICOI 19). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icoi-19.2019.8