Date Log
Jati Diri Insan Akademik
Corresponding Author(s) : Ario Damar
Policy Brief Pertanian, Kelautan, dan Biosains Tropika,
Vol. 6 No. 2 (2024): Policy Brief Pertanian, Kelautan dan Biosains Tropika
Abstract
Perguruan tinggi sebagai tempat insan akademik berkiprah saat ini mengalami berbagai tantangan dan ancaman yang dapat mengganggu fungsinya sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), serta menjadi penjaga keberlanjutan peradaban dan moralitas insan akademik agar tidak terdistorsi dan tererosi. Kemajuan teknologi (khususnya teknologi informasi), dekadensi moral global, tekanan ekonomi, orientasi praktis dan fokus pada pencapaian jangka pendek, perubahan paradigma pendidikan serta iklim ketidakpastian, menjadikan nilai-nilai tradisional perguruan tinggi terancam tergeser menjadi mesin penghasil tenaga kerja semata. Perguruan tinggi, yang seharusnya berperan sebagai benteng terakhir penjaga nilai-nilai akademik, serta sebagai agen perubahan (agent of change) yang berorientasi pada nilai kebaikan dan penjaga nilai moral (guardian of value), perlu jati diri insan akademik yang unggul, sehingga peran dan fungsi perguruan tinggi dapat tetap dipertahankan. Untuk memberikan pertimbangan dalam upaya menjaga tersebut, Policy Brief ini disusun melalui serangkaian proses diskusi anggota tim PAH Jati Diri Insan Akademik dan proses FGD yang melibatkan narasumber internal dan eksternal IPB. Policy Brief ini diakhiri dengan rekomendasi yang dapat diusulkan kepada penyelenggara pendidikan tinggi Indonesia agar fungsi perguruan tinggi dan insan akademik dapat tetap terjaga
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
Sowell, T. 2012. Intellectuals and Society. Ukraine: Basic Books.
Hikam, MAS . 1996. Bahasa Dan Politik: Penghampiran ‘Discursive Practice.’” In BAHASA Dan KEKUASAAN (Politik Wacana Di Panggung Orde Baru), pp 77–93. Bandung: Mizan Pustaka.
Sulistyo H. 2004. Kita Berumah di Atas Badai, Orasi Pengukuhan Ahli Peneliti Utama Bidang Perkembangan Politik. Jakarta: LIPI.
Hue DT. 2009. Using Communication Theories in Min-Risk Education Campaigns: The Case of Vietnam. Universitas: Journal of Research, Scholarship, and Creative Activity 5(2):1-39/ [tersedia: https://scholarworks.uni.edu/universitas/vol5/iss2/7]
Mahifal dan Wahyudin Y. 2013. Membangun Kepribadian Unggul Insan Akademik (College's Personality Plus Building). WAWASAN TRIDHARMA: Majalah Ilmiah Kopertis Wilayah IV Nomor 9 Tahun XXV April 2013, STT No.2009/SK/DITJEN PPG/STT/1994. [tersedia: https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2302410]
Peraturan Presiden No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.