Transformasi BOX-COX untuk Kenormalan Komponen Utama (Kasus Beberapa Data Pertanian)

  • Hanny AH Komalig
  • . Siswadi
  • Budi Suhardjo
  • Aji Hamim Wigena

Abstract

Untuk memperbaiki kenormalan data peubah ganda bagi analisis komponen utama (AKU) dapat dilakukan transformasi Box-Cox. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri perubahan konfigurasi sebagai akibat perbaikan asumsi kenormalan beberapa komponen utama dalam AKU.

Penggunaan transformasi Box-Cox dapat memperbaiki kenormalan sejumlah data yang tidak berdistribusi normal. Perbaikan kenormalan dengan transformasi Box-Cox dalam dimensi rendah cenderung merubah konfigurasi dan perubahan ini berkaitan dengan struktur data yang ada gugus data tersebut.

Penggunaan transformasi Box-Cox untuk menormalkan komponen utama sangat berkaitan dengan tujuan penggunaan hasil komponen utama tersebut. Apabila tujuannya untuk inferensia mengenai struktur komponen utama, maka transformasi Box-Cox dapat digunakan untuk menormalkan komponen-komponen utama. Tetapi bila komponen utama ditujukan hanya untuk mendapatkan suatu deskripsi sederhana mengenai pengamatan-pengamatan, maka penggunaan transformasi Box-Cox tidak penting untuk dilakukan.
Section
Articles