Potato Farmers Household Income Systems in Dieng Plateau (Case Karangtengah Village, District Batur, Banjarnegara Regency, Central Java Province)

  • Turasih . Sodality
  • Soeryo Adiwibowo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan strategi mata pencaharian rumah tangga petani kentang di Desa Karangtengah, Dataran Tinggi Dieng yang berhubungan dengan sejarah pertanian kentang di desa tersebut. Selain itu, untuk mengetahui seberapa jauh pertanian kentang dapat membangun sistem mata pencaharian yang berkelanjutan bagi rumah tangga petani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang didukung oleh data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui penyebaran kuesioner pada 31 rumah tangga petani yang menjadi responden dalam penelitian ini, sedangkan pendekatan kualitatif dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan pencarian literatur pada data yang terkait. Pada dasarnya, pertanian telah menjadi sumber pendapatan utama bagi rumah tangga petani kentang di Desa Karangtengah. Hal ini disebabkan pertanian yang telah diwariskan ke dalam identitas mereka dari generasi ke generasi. Namun, keterbatasan sumber daya, terutama lahan sebagai tempat produksi menyebabkan sembilan responden dalam penelitian ini menerapkan mata pencaharian ganda yaitu strategi pertanian dan non-pertanian. Dalam perkembangannya sumber daya pertanian kentang semakin berkurang. Meskipun masih menjadi sektor utama, ancaman terjadi secara bertahap misalnya degradasi lingkungan yang disebabkan oleh aktivitas pertanian yang mengutamakan pada produksi yang tinggi karena penggunaan zat kimia berlebihan.

Kata Kunci: sistem mata pencaharian, rumah tangga petani kentang, pertanian berkelanjutan, Dataran Tinggi Dieng.

Published
2012-08-13
How to Cite
SodalityT. ., & AdiwibowoS. (2012). Potato Farmers Household Income Systems in Dieng Plateau (Case Karangtengah Village, District Batur, Banjarnegara Regency, Central Java Province). Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 6(2). https://doi.org/10.22500/sodality.v6i2.6088
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>