Prakata

  • Prakata Jurnal TIN

Abstract

P R A K A T A

Pembaca yang budiman,

Hal yang membesarkan hati kami adalah bahwa kita bisa jumpa kembali melalui jurnal Teknologi Industri Pertanian Edisi November 2008 ini.  Tahun Baru Hijriyah dan juga Tahun Baru Masehi sudah di depan mata. Selamat tahun baru, semoga langkah kita ke depan semakin memberi manfaat.  Tantangan yang harus dihadapi semakin berat dan beragam, karena turbulensi perekonomian dunia dan yang juga membawa dampak tidak menguntungkan bagi kita di Indonesia tercinta ini.  Kami mengajak kita sekalian untuk bahu membahu mencarikan solusinya.
Hal yang mendukung penggiatan penelitian adalah dana APBN yang bertambah besar untuk pendidikan nasional, yang di dalamnya terdapat dana untuk penelitian yang juga bertambah besar.  Peluang ini tentu perlu kita manfaatkan dengan baik dan kita patut berterima kasih pada para guru melalui PGRI yang berjuang mengupayakannya.
Materi yang dapat disimak pada edisi ini meliputi: (1) kajian strategi produksi bersih industri kecil tapioka di Bogor, (2) epoksidasi minyak jarak pagar, (3) Ekstraksi VCO (virgin coconut oil) dengan cara pembekuan, (4) penyamakan kulit ramah lingkungan, (5) strategi pengendalian polusi terintegrasi di industri pengolahan ikan, (6) sifat filament rayon dari 5 spesies, (7) produksi siklodekstrin  dari tapioka, (8) kajian kepuasan pelanggan terhadap corned beef, (9) analisis kinerja sistem antrian di industri fillet ikan, dan (10) optimasi pembuatan sodium lignosulfonat berbasis tandan kosong kelapa sawit.
Kepada penulis dan penelaah naskah yang telah berkontribusi pada penerbitan edisi ini, kami menyampaikan terima kasih yang mendalam.  Merekalah pendukung utama terbitnya edisi ini.  Maaf kami sampaikan kepada penulis yang naskahnya tidak dapat diterbitkan pada kesempatan ini, semoga pada edisi berikutnya dapat diterbitkan.
Selanjutnya kami berharap bahwa jurnal kita ini akan semakin berkembang sebagai sumber rujukan bagi pengembangan agroindustri baik pada tatanan strategis maupun operasional.  Peluang pengembangan agroindustri yang berbasis di bumi Indonesia semakin tertantang menghadapi kondisi keterpurukan saat ini.  Semoga agroindustri dapat berperan lebih nyata bagi kesejahteraan masyarakat luas.
Sepenuhnya kami menyadari perlu adanya interaksi antara pembaca dengan penulis dan redaksi sebagai upaya untuk menyempurnakan hasil penelitian dan juga gagasan yang disampaikan pada jurnal ini.  Masukan yang disampaikan merupakan umpan balik yang akan memperkaya hasil penelitian ataupun gagasan yang ada, sehingga nantinya pada tingkat implementasi akan mendekati kesempurnaan.  Kami mengajak pembaca sekalian untuk urun rembuk, yang bisa disampaikan langsung kepada penulis atau melalui redaksi.
Sebagai akhir kata, kami tak bosan-bosannya mengundang rekan sejawat peneliti agroindustri untuk mengirimkan naskah hasil penelitian ataupun opini dan gagasan untuk disajikan pada jurnal ini.

Terima kasih dan selamat membaca.

Ketua Dewan Editor
Ani Suryani
How to Cite
TINP. J. (1). Prakata. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 18(2). Retrieved from https://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnaltin/article/view/4748