Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PANDUAN UNTUK PENULIS

Persyaratan Penerimaan Artikel

Naskah artikel yang dikirim merupakan  hasil penelitian yang belum pernah di publikasikan di jurnal lainnya dan  bebas plagiarism. Naskah  artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia yang mengikuti  kaedah bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang mengikuti kaedah bahasa Inggris.    Penulis bersedia melakukan perbaikan naskah sesuai dengan hasil review  yang dikirim oleh tim editor Jurnal. Naskah artikel yang tidak sesuai  dengan persyaratan umum  tidak dapat diterima.  Artikel dipublikasikan dalam bentuk online dan cetak.

Ruang Lingkup Topik Naskah

Artikel yang dipublikasikan pada Jurnal Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan mencakup bidang ilmu nutrisi dan teknologi pakan, termasuk agrostologi, industri dan teknologi pakan, nutrisi ternak unggas, nutrisi ternak pedaging, nutrisi ternak kerja dan olahraga, nutrisi ternak perah, nutrisi satwa harapan dan hewan peliharaan, mikrobiologi rumen, mikrobiologi ternak, fisiologi nutrisi, metabolisme nutrisi, kajian biologi molekuler terkait nutrisi pakan, ternak dan metabolismenya,  dan kajian-kajian lain yang relevan dengan topik dan isu terkini dalam bidang ilmu nutrisi dan teknologi pakan.

Pengiriman Naskah

Naskah dapat diupload ke web Jurnal Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan setelah register ke:

http://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalintp/user/register

 

Setelah naskah diterima, dewan editor akan mengirimkan surat pernyataan telah menerima naskah artikel yang disertai dengan nomor naskah.

 

Alamat Redaksi

 

Redaksi Jurnal Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan

Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi pakan

Fakultas Peternakan IPB

Jl. Agatis, Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680

Telp: (0251)-8626213 , 8628149

Email : jintpipb@gmail.com

Kontak Person : Dwi Margi Suci : 08128447818

               Indriani :082213468466

 

 

Format Naskah

Naskah lengkap yang dikirim, diketik dengan New Times Roman Font 12, spasi 1 rata kanan dan kiri.   Setiap halaman naskah diberi nomor halaman.  Naskah terdiri dari  bagian naskah yang ditulis berurutan :

  1. Judul (dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris)
  2. Nama lengkap seluruh penulis
  3. Nama lembaga disertai alamat lengkap
  4. Kontak email dari penulis untuk korespondensi
  5. Abstrak dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia diikuti oleh kata kunci
  6. Pendahuluan
  7. Metode
  8. Hasil dan Pembahasan
  9. Kesimpulan
  10. Ucapan terimakasih (jika diperlukan)
  11. Daftar Pustaka


Panduan Penulisan Artikel

 

Judul naskah

Judul naskah ditulis dalam bahasa Indonesia.  Judul diketik piramide terbalik maksimum  15 kata, spesifik, menarik, memuat kata-kata kunci dan tidak ada singkatan.  Judul biasanya tidak mengandung kata kerja. Judul diketik dengan setiap awal kata huruf besar.

Nama penulis

Nama penulis diketik dibawah judul naskah tanpa gelar  dengan urutan nama pertama, kedua dst. Nama penulis boleh diketik lengkap atau disingkat sesuai dengan kebiasaan.  Nama keluarga penulis pertama, kedua dst diketik dibelakang. Nama keluarga atau  nama terakhir tidak boleh disingkat.  Nama penulis minimal terdiri dari dua kata, jika ada satu kata boleh ditambahkan nama keluarga. Misalnya : Nur Rokhmah Kumalasari atau N R Kumalasari. Nama penulis diberi superskrip untuk menunjukkan identitas penulis.  Identitas penulis yaitu nama lembaga dengan alamat lengkap.  Penulis  sebagai  contact  person dicantumkan alamat emailnya.

Abstrak

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris maksimal  tidak lebih dari 200 kata.  Abstrak terdiri dari tujuan, metode, analisis data, peubah, hasil dan pembahasan dan kesimpulan.  Abstrak diakhiri dengan 3-5 kata  kunci yang ditulis sesuai abjad.  Kata kunci tidak selalu  berupa kata tunggal.

Pendahuluan

Pendahuluan  memuat latar belakang, identifikasi dan perumusan masalah serta tujuan penelitian.  Latar belakang dapat diperkuat dengan mencantumkan reference. Jumlah pustaka acuan dan jumlah paragraf dibatasi sekitar 3-4 paragraf. Kalimat yang menyatakan ada  keterbaruan topik penelitian sangat diharapkan.  Pernyataan  tujuan penelitian dinyatakan secara tegas pada paragraf terakhir.

Metode

Metode  memuat bahan dan materi penelitian yang utama, rancangan percobaan, analisis data dan pengukuran peubah. Metode yang diuraikan memperlihatkan keakurasian dan keabsahan, bahan, alat dan prosedur pengumpulan data serta analisis datanya. Jika metode mengacu ke prosedur standar sebaiknya ditulis standarnya tanpa menguraikan kembali. 

Hasil dan pembahasan

Hasil dan Pembahasan  memuat hasil olahan data yang dibahas dan diarahkan pada penarikan kesimpulan. Penyajian data dapat berupa tabel, gambar, grafik yang informatif bagi pembaca. Penyajian angka menggunakan aturan bahasa Indonesia (koma diketik dengan tanda koma). Artikel yang berbahasa Inggris koma diketik dengan tanda titik. Pada pembahasan lebih baik menggunakan acuan yang bermutu.  Pada pembahasan lebih baik mengemukakan hasil pemikirannya lebih dahulu pada awal paragraf, kemudian di dukung oleh pustaka yang relevan dan terbaru (lebih baik dari pustaka berupa jurnal). Sebaiknya setiap akhir  paragraf ditulis simpulan kecil.

Kesimpulan

Kesimpulan memuat rumusan inti dari hasil penelitian yang berguna untuk dibaca dan disitasi.  Jangan mencantumkan kalimat yang menyatakan hasil olahan data statistic.

 

Ucapan terimakasih

Ucapan Terimakasih  hanya pada pemberi dana.  Sebelum dicantumkan nama pemberi dana sebaiknya dikonfirmasi lebih dahulu untuk memperoleh persetujuan pencantuman di naskah artikel.

 

Daftar pustaka

 

Daftar Pustaka memuat semua  pustaka yang dirujuk dalam naskah  artikel.  Penggunaan  pustaka berupa jurnal dengan tahun terbaru lebih dihargai.  Daftar Pustaka memuat minimal 10 sumber pustaka. Tidak boleh memuat buku ilmiah populer, buku diktat, atau buku praktikum.

Download template JINTP 


 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.