About the Journal

Journal History

Jurnal Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan diterbitkan sejak 1987, dengan nama Bulletin Makanan Ternak (Bulmater) dapat diakses di http://journal.ipb.ac.id/index.php/bulmater/ index. Mulai tahun 2018, dilakukan perubahan nama untuk menyesuaikan dengan kondisi terkini dan frekuensi penerbitan menjadi 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember).  Jurnal Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan bekerja sama dengan Asosiasi Ahli Nutrisi dan Pakan Indonesia (AINI) dengan surat perjanjian terlampir.

Artikel yang dipublikasikan pada Jurnal Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan mencakup cakupan luas topik penelitian dalam bidang ilmu nutrisi dan teknologi pakan, termasuk agrostologi, industri dan teknologi pakan, nutrisi ternak unggas, nutrisi ternak pedaging, nutrisi ternak kerja dan olahraga, nutrisi ternak perah, nutrisi satwa harapan dan hewan peliharaan, mikrobiologi rumen, mikrobiologi ternak, fisiologi nutrisi, metabolisme nutrisi, kajian biologi molekuler terkait nutrisi pakan, ternak dan metabolismenya, dan kajian-kajian lain yang relevan dengan topik dan isu terkini dalam bidang ilmu nutrisi dan teknologi pakan.

Naskah yang akan diterbitkan adalah naskah yang dinilai oleh reviewer dan disetujui oleh Dewan Redaksi.

Jurnal ini telah terdaftar di: Google Scholar dan Portal Garuda

 

Peer Review Process

Penerimaan Artikel untuk di publikasi di Jurnal Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan (JINTP) ditentukan oleh Dewan Editor dan Reviewer.   Artikel yang masuk ke OJS JINTP akan diterima oleh Dewan Editor kemudian di review oleh Ketua Editor untuk menentukan apakah artikel dapat diterima dengan perbaikan ataukah ditolak.  Penolakan dan penerimaan artikel  berdasarkan kriteria artikel yang sudah ditetapkan oleh Dewan Editor. Artikel yang ditulis oleh salah satu anggota Dewan Editor tidak direview oleh yang bersangkutan untuk menjaga objektivitas dan kualitas tulisan.

Editor akan mengirimkan artikel yang diterima ke dua orang reviewer yaitu dari Luar IPB dan dari dalam IPB.  Pengiriman artikel ke reviewer tanpa nama untuk menjaga kebebasan reviewer membaca dan mengoreksi substansi isi artikel.  Seorang reviewer diatur secara sistem agar tidak mereview artikelnya sendiri. Ketua Editor mengecek kesesuaian format artikel dengan panduan.  

Ketiga hasil review direkap oleh bagian administrasi jurnal kemudian  hasil review dikirm ke penulis melalui OJS.  Hasil revisian artikel oleh penulis dikirim kembali melalui OJS. 

Revisi artikel oleh penulis diperiksa kembali oleh Editor untuk mengecek kesesuaian dengan hasil review oleh reviewer. Artikel berbahasa Inggris atau Abstract diperiksa oleh tim khusus.  Artikel kemudian di lay out, di cek plagiarism menggunakan Turnitin.

Rapat Dewan Editor dilakukan untuk mengambil keputusan naskah siap di publikasi.  Sebelum dipublikasi, Ketua Editor memeriksa kembali Lay out artikel, kemudian artikel siap di publikasi.

 

Frekuensi Publikasi

Jurnal ini dipublikasikan 3 kali dalam setahun, yaitu pada bulan April, Agustus dan Desember dengan jumlah artikel 5.

 

Organisasi Profesi Ilmiah

Asosiasi Ahli Ilmu Nutrisi dan Pakan Indonesia