Publication Ethics Statement

Kode Etik Publikasi Ilmiah Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis

Pengantar

Kode etik publikasi ilmiah pada Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis (JITKT) digunakan untuk memastikan semua karya/hasil penulisan yang di publikasi di dalam jurnal ini telah mengikuti prinsip-prinsip etika pada publikasi akademik untuk mencegah terjadinya kesalahan dan adanya konflik. Dokumen ini menyajikan beberapa artikel yang terkait dengan bidang ilmu dan teknologi kelautan tropis serta pedoman tentang etika didalam publikasi jurnal ini (penulis, editor, mitra bestari, penerbit, dan pembaca).

Pedoman tentang Etika dalam Publikasi Jurnal

Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis (JITKT) menerbitkan artikel dari hasil penelitian ilmiah di bidang ilmu dan teknologi kelautan tropis dan belum pernah dimuat maupun dalam proses pengajuan dalam publikasi lain. Artikel yang diusulkan dapat berasal dari bidang ilmu biologi laut, ekologi laut, biologi oseanografi, kimia oseanografi, fisika oseanografi, geologi oseanografi, dinamika oseanografi, ekologi terumbu karang, akustik kelautan, remote sensing kelautan, sistem informasi geografis kelautan, mikrobiologi kelautan, pencemaran laut, akuakultur kelautan, teknologi hasil perikanan, bioteknologi kelautan, air-sea interaction, dan ocean enginering.
Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis (JITKT) adalah jurnal peer-review dalam publikasi sebuah artikel dalam membangun jaringan pengetahuan tentang ilmu dan teknologi kelautan secara koheren dan diakui. Artikel yang dikirimkan ke JITKT harus dapat menunjukkan kualitas karya penulis, metode penelitian, dan lembaga pendukungnya. Oleh karena itu, penting untuk menetapkan standar dalam perilaku etis bagi semua pihak yang terlibat didalam publikasi: penulis, editor, mitra bebestari, penerbit, dan sponsor jurnal.
Ikatan Sarjana Oseanologi Indonesia dan Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan juga bertanggung jawab terhadap semua tahapan proses publikasi. Selain itu, semua dewan redaksi dan pihak terkait berkomitmen untuk memastikan bahwa periklanan/promosi, percetakan atau pendapatan komersil lainnya tidak memiliki dampak atau pengaruh pada keputusan editorial.


TUGAS PENULIS pada Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis
Standar Artikel

Artikel yang ditulis merupakan laporan asli dari hasil penelitian dan menyajikan artikel yang akurat dari penelitian yang dilakukan sesuai dengan tujuan penelitian tersebut. Data yang disajikan dalam artikel harus akurat berdasarkan hasil penelitian dan tidak berdasarkan data fabrikasi. Artikel yang dimuat harus memadai dan ditunjukkan secara detail, sehingga dapat dijadikan refrensi atau acuan bagi peneliti lain. Artikel dengan laporan hasil yang tidak akurat dan data yang disajikan tidak sesuai dengan perilaku etis maka tidak akan diterbitkan atau di publikasikan dalam JITKT, tidak dapat diterima khususnya di JITKT.


Akses dan Penyimpanan Data

Penulis mungkin dapat diminta untuk memberikan data mentah sehubungan dengan kebutuhan redaksional dalam proses publikasi, dan harus dipersiapkan untuk memberikan data yang siap diakses oleh umum terhadap data tersebut. Jika memungkinkan dan harus siap dalam hal apapun dalam menyimpan data tersebut sesuai dengan kurun waktu tersebut setelah publikasi. 

Originalitas dan Plagiarisme

Penulis harus memastikan bahwa apa yang telah ditulis di dalam artikel merupakan asli karya penulis sendiri, dan apabila penulis mencantumkan hasil penelitian atau refrensi dari artikel lain maka penulis harus mencantumkan nama penulis artikel yang dikutip tersebut. Plagiarisme merupakan suatu tindakan meniru dan menyalin secara substansial semua hal yang berkaitan dengan apa yang ditulis oleh penulis lain dan diklaim oleh penulis lain tanpa mencantumkan penulis aslinya. Perilaku plagiarisme ini merupakan perilaku yang tidak etis di dalam publikasi dan tidak dapat diterima khususnya di JITKT ini.

Publikasi yang Sama pada Jurnal Lain

Seorang penulis tidak boleh menerbitkan artikel yang memuat hasil penelitian dan substansi yang sama lebih dari satu jurnal atau ke publikasi lain. Mengirimkan artikel yang sama kepada lebih satu jurnal merupakan perilaku yang tidak etis dalam publikasi dan tidak dapat diterima.

Pengakuan Sumber

Pengakuan yang tepat dari karya/tulisan orang lain harus selalu diberikan. Penulis seharusnya mencantumkan nama penulis dari artikel yang dikutip dari hasil penelitan yang telah dipublikasi (baik dari laporan penelitian terdahulu, laporan dinas terkait, dan laporan lain yang terkait). Informasi yang didapat secara pribadi, baik dalam percakapan, korespondensi, atau diskusi dengan pihak ketiga tidak harus dilaporkan/ditulis secara eksplisit, hanya izin tertulis dari sumber.

Penyusun/penulis Artikel (authors or co-authors)

Penulis artikel dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap konsep tulisan, desain, pelaksanaa, atau interpretasi terhadap penelitian yang dilaporkan. Mereka semua yang telah memberikan kontribusi yang signifikan harus terdaftar sebagai co-authors. Apabila terdapat orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek-aspek substantif tertentu dalam penelitian, mereka harus diakui dan terdaftar sebagai kontributor. Penulis harus memastikan kesesuaian dari artikel dengan co-authors sebelum diajukan untuk publikasi.

Kesalahan Mendasar dalam Artikel yang Diterbitkan

Ketika penulis menemukan kesalahan yang signifikan atau ketidaktepatan akan penelitian yang akan dipublikasi oleh jurnal JITK itu merupakan kewajiban penulis untuk segera memberitahu kepada editor jurnal atau dewan redaksi untuk menarik kembali artikel tersebut dan memperbaikinya.


TUGAS DEWAN EDITOR pada Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis

Keputusan Publikasi

Tim editor Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis (JITKT) bertanggung jawab untuk memutuskan artikel yang akan diterbitkan dalam JITKT. Reviewer/mitra bebestari bekerja sama dengan tim editor dalam memutuskan artikel yang layak diterbitkan dalam JITKT.

Keadilan dalam Publikasi

Editor dan mitra bebestari mengevaluasi artikel untuk konten ilmu dan Teknologi artikel tanpa memandang ras, jenis kelamin, kerabat, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik penulis.


Rahasia dalam Proses Publikasi

Tim Editor dan staff editor menjaga kerahasiaan penulis danisi tulisan sebelum artikel tersebut diterbitkan di JITKT. Tim edito dan staf editor tidak memeberikan nama dan instansi asal semua penulis kepada mitra bebestari dalam proses review artikel untuk memastikan bahwa artikel akan direview secara blinded review paper. 

Keterbukaan Informasi dan Konflik Kepentingan

Artikel yang masuk namun tidak diterbitkan dalam JITKT tidak boleh digunakan oleh tim editor dalam penelitiannya sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis. Informasi khusus atau ide yang diperoleh melalui peer-review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Editor harus mengundurkan diri (yaitu harus meminta co-editor, asosiasi editor atau anggota lain dari dewan redaksi untuk meninjau/mereview) dari pertimbangan artikel yang mana ada konflik kepentingan akibat persaingan, kolaboratif, atau terdapat hubungan lainnya dengan salah satu penulis, perusahaan, atau mungkin hubungan dengan institusi dari artikel. Tindakan lain yang sesuai harus diambil dalam menyikapi hal ini, seperti pencabutan publikasi.


Keterlibatan dan Kerjasama dalam Penelitian

Editor akan mengambil langkah-langkah responsif ketika terjadi mengenai komplain etika pada naskah yang masuk yang di publikasi. Langkah-langkah tersebut umumnya termasuk menghubungi penulis artikel dan memberikan pertimbangan dari komplain yang bersangkutan atau komplain yang dibuat, tetapi juga termasuk berkomunikasi lebih lanjut dengan instansi terkait dan badan-badan penelitian, perbaikan publikasi, dan tindakan yang relevan terkait komplain tersebut.

TUGAS DARI REVIEWER pada Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis

Kontribusi terhadap Keputusan Dewan Redaksi

Peer-review (mitra bebestari) membantu editor dalam membuat keputusan diterima atau ditolak sebuah artikel yang masuk ke JITKT, peer-review (mitra bebestari) melakukan review atau evaluasi secara blinded review terhadap artikel yang sesuai dibidang keahliannya. Blinded-review berarti tim reviewer tidak mengetahui nama penulis dan nama institusi penulis untuk menghindari konflik kepentingan dan untuk meningkatkan kualitas review.
Setiap paper direview paling sedikit oleh dua reviewer dengan menggunakan track change pada artikel tersebut. Semua komentar, saran, dan keputusan reviewer terhadap artikel ditulis pada artikel tersebut dengan menggunakan track change untuk mempermudah tim editor dan penulis dalam mengkomunikasikan hasil review. Dengan demikian, JITKT tidak memerlukan adanya form isian lain untuk mengkomunikasikan hasil review dari reviewer kepada tim editor.

Ketepatan Waktu

Proses review dalam JITKT umumnya memerlukan waktu 1-4 bulan dan bilamana proses review memerlukan waktu yang lebih lama karena satu dan lain hal maka hal ini akan dikomunikasikan dengan penulis. Diharapkan proses administrasi review, perbaikan dari penulis dan penerbitan artikel dapat terlaksanakan 6 bulan.

Kerahasiaan

Setiap artikel yang diterima untuk di riview harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Artikel tersebut tidak boleh ditunjukkan atau didiskusikan dengan pihak lain kecuali diizinkan oleh dewan redaksi.

Rivew Harus Objektif

Review pada artikel yang diterima harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi terhadap penulis tidak pantas dan tidak diperbolehkan. Hasil riview harus mempertajam penulisan terlebih pada penguatan hasil dan pembahasan terhadap tujuan penelitian, sehingga dapat mendukung perbaikan artikel.

Pengakuan Sumber/Referensi

Rivewier seharusnya mengidentifikasi secara relevan terhadap penelitian yang akan dipublikasi bahwa tidak ada penjiplakan (plapiarisme) oleh penulis. Setiap pernyataan dalam pembahasan harus diobservasi, ditelusuri, atau pendapat yang telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dan diperkuat dengan kutipan yang relevan. Reviewer juga harus memberikan pengertian terhadap editor terkait kesamaan substansial dan tumpang tindih terhadap artikel yang telah diriview sebelum artikel dipublikasi.

Keterbukaan Informasi dan Konflik Kepentingan

Bahan artikel yang tidak diterbitkan di JITKT tidak boleh digunakan oleh reviewer dalam penelitiannya sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis. Informasi khusus atau ide yang diperoleh melalui peer-review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer harus mempertimbangkan artikel yang di review tidak ada konflik kepentingan atau terdapat hubungan lainnya dengan salah satu penulis, perusahaan, atau mungkin hubungan dengan institusi dari artikel.