Strategi Komunikasi dalam Diseminasi Inovasi Teknologi Budidaya Padi Berbasis Pemetaan Pengguna di Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan

  • Nurhayati Nurhayati Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian – Bogor
  • Amiruddin Saleh
  • Aida VS Hubeis
  • Basita Ginting
Keywords: diseminasi, basis pemetaan, pengguna

Abstract

Diseminasi inovasi tekologi budidaya padi merupakan upaya transfer teknologi budidaya padi dari  sumber (individu dan lembaga) kepada pengguna utama melalui pengguna antara. Namun diseminasi inovasi di Indonesia bagian Timur khususnya, relatif lebih rendah dibandingkan dengan di wilayah Barat Indonesia. Strategi pemetaan pengguna diyakini mampu menjadi salah satu pendorong terjadinya komunikasi pendiseminasian inovasi teknologi yang efektif dan efisien. Berdasarkan fakta yang tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu (1) menganalisis strategi komunikasi pendiseminasian inovasi teknologi budidaya padi selama ini di Sulawesi Selatan, (2) menganalisis hubungan faktor-faktor dominan (basis pemetaan pengguna: karakteristik petani, inovasi dan lingkungan) dengan metode komunikasi pendiseminasian inovasi teknologi budidaya padi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-Desember 2014 dengan menggunakan metode survei deskriptif  eksplanatori. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 100 petani, dengan pemilihan secara acak sederhana. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif, meliputi analisis statistik deskriptif dan inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk melakukan analisis  terhadap peubah-peubah untuk membangun suatu pemetaan terhadap kondisi masyarakat. Sementara analisis statistik inferensial menggunakan analisis korelasional, dengan uji korelasi rank Spearman. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode komunikasi pendiseminasian inovasi teknologi budidaya padi masih rendah. Sedangkan faktor dominan berbasis pemetaan pengguna yang berkorelasi signifikan dengan metode komunikasi pendiseminasian inovasi teknologi budidaya padi adalah (1) status petani, luas lahan, motivasi dan kekosmopolitan pada karakteristik petani, (2) Keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan dan dapat diamati pada karakteristik inovasi, (3) Potensi lahan, ketersediaan sarana produksi dan informasi pada lingkungan fisik, (4) Sistem sosial, mitra usaha, dan keberfungsian kearifan lokal pada lingkungan sosial.
Kata kunci : diseminasi, basis pemetaan, pengguna

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Amiruddin Saleh
Pascasarjana Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan IPB
Aida VS Hubeis
Pascasarjana Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan IPB
Basita Ginting
Pascasarjana Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan IPB
Published
2018-09-18
How to Cite
Nurhayati, N., Saleh, A., Hubeis, A. V., & Ginting, B. (2018). Strategi Komunikasi dalam Diseminasi Inovasi Teknologi Budidaya Padi Berbasis Pemetaan Pengguna di Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan. Jurnal Penyuluhan, 14(2). https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v14i2.16779

Most read articles by the same author(s)

> >>