Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

KEMAMPUAN BAKTERI DIAZOTROF ENDOFIT UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN VEGETATIF BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis jacq)

Andreas Panjaitan, Iswandi Anas, Rahayu Widyastuti, Wiwik Eko Widayati

Abstract


Bakteri diazotrof endofit adalah bakteri penambat N2 yang hidup berkoloni di dalam jaringan tanaman tetapi tidak memberikan efek patogenik terhadap tanaman inangnya. Kemampuan bakteri diazotrof endofit dalam menyumbangkan hara nitrogen bagi tanaman diharapkan akan sangat berperan dalam mengurangi ketergantungan aterhadap pupuk nitrogen anorganik. Percobaan ini bertujuan untuk mempelajari kemampuan isolat bakteri diazotrof endofit yang diaplikasikan dengan pupuk nitrogen terhadap pertumbuhan tanaman dan bobot kering bibit kelapa sawit. Percobaan dilakukan di rumah kaca kebun Percobaan IPB, Cikabayan, Darmaga dengan ketinggian sekitar 250 m dpl dan di Laboratorium Kesuburan Tanah, Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan IPB serta di Laboratorium Bioteknologi Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) Pasuruan, Jawa Timur. Percobaan ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) terdiri dari dua faktor dengan tiga ulangan. Faktor pertama yaitu dosis N yang terdiri dari empat taraf (0, 50%, 75% dan 100% standar pemupukan). Faktor kedua yaitu aplikasi isolat bakteri diazotrof endofit terdiri atas 4 taraf yaitu tanpa inokulasi, diinokulasi dengan isolat 1, isolat 2 dan isolat 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi inokulasi isolat bakteri diazotrof endofit dengan tanpa pemupukan nitrogen memberikan hasil pertumbuhan vegetatif terbaik untuk bibit kelapa sawit yaitu diameter bonggol, tinggi bibit, dan berat kering bibit kelapa sawit.



DOI: https://doi.org/10.29244/jitl.17.1.1-7


Sekretariat: Jurnal Ilmu Tanah dan Lingkungan, Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Jl. Meranti Lt 4 Wing 12, Kampus IPB Darmaga, Bogor 16680

Telp. 02518629360; Fax. 02518629358

Website: http://journal.ipb.ac.id/index.php/jtanah

e-mail: jtl_soilipb@yahoo.com; jitl@apps.ipb.ac.id

P-ISSN: 1410-7333   E-ISSN: 2549-2853


Creative Commons License
This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.