Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN
(Mulai Berlaku Februari 2017

Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan merupakan publikasi online yang diterbitkan Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan IPB yang memuat naskah opini, review articles dan hasil penelitian di bidang teknik sipil dan lingkungan yang belum pernah diterbitkan dan tidak dalam proses pertimbangan pada penerbitan jurnal lainnya. Penulis diharapkan mengirimkan naskah melalui media website (e-journal) kami. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami di alamat berikut ini.

Sekretariat Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan IPB.
Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan IPB,
Kampus IPB Darmaga PO BOX 220 Bogor 16002
Telp: (0251) 8627225; Faks: (0251) 8627225
Email:j_sil_ipb@ipb.ac.id Website: http://journal.ipb.ac.id/index.php/jsil

Naskah yang diterima akan melalui proses peninjauan (review) oleh Tim Reviewer Ahli sebidang. Lamanya proses peninjauan naskah yang masuk maksimal 2 bulan. Jika diperlukan naskah akan melalui proses revisi. Redaksi berhak dan berwenang menerima maupun menolak naskah yang diterima dan memberikan saran perbaikan kepada penulis.

1. Pedoman Umum
Naskah ditulis dalam bahasa indonesia maupun bahasa Inggris yang baik dan benar,  ditulis dalam program Microsoft Word minimal versi Ms-Word 2007 (disarankan versi 2010 ke atas). Ukuran kertas A4 (210 mm x 297 mm), jenis huruf Times New Roman ukuran 12, margin 3 cm untuk semua tepi, spasi 1.5, satu kolom dan maksimum 20 halaman (termasuk daftar pustaka). Naskah ditulis dengan rata kiri-kanan (justified) dengan tabulasi di awal paragraf 1 cm. Simbol dituliskan sebagaimana mestinya serta penulisan rumus menggunakan program bantu Ms-Word Equation.

Ada 4 buah file yang dikirimkan ke redaksi dengan format sebagai berikut.

[Nama Penulis Pertama] – Full Paper.docx

[Nama Penulis Pertama] – Text.docx

[Nama Penulis Pertama] – Figures.docx

[Nama Penulis Pertama] – Tables.docx

Full Paper yaitu file makalah yang lengkap (termasuk gambar dan tabel). Text yaitu file makalah yang hanya berisi teks (tanpa gambar dan tabel, tetapi nomor dan judul gambar atau tabel tetap ditampilkan). Figures yaitu file makalah yang hanya berisi gambar, nomor gambar dan judul gambar. Tables yaitu file yang hanya berisi tabel, nomor tabel dan judul tabel.

2. Susunan Naskah
Susunan naskah atau sistematika penulisan secara umum adalah Judul, Nama penulis, Abstrak dan kata kunci, Pendahuluan, Metode penelitian, Hasil dan pembahasan, Kesimpulan, Ucapan terima kasih (jika ada) dan Daftar Pustaka

3. Judul
Judul ditulis secara singkat tidak melebihi 3 baris dan memberikan gambaran aspek penting dari naskah tersebut. Judul dicetak tebal (bold), ukuran huruf 14 dan menggunakan huruf kapital untuk semua huruf. Dibawah judul diberi garis border ukuran 1.5 pt dengan panjang tidak melebihi margin kiri dan kanan. Terjemahan judul dalam bahasa inggris ditulis dalam tanda kurung ( ) dibawah judul asli (after: 6pt), ukuran font 12 dan diberi huruf kapital di masing-masing awal kata, kecuali kata depan. Jika menggunakan kata latin, istilah selain bahasa Indonesia ditulis dengan huruf miring (italic). Halaman judul memuat nama penulis dengan ukuran font 10, cetak tebal (before: 6pt) dan asal instansi yang bersangkutan serta alamat korespondensi penulis dengan alamat email (before: 6pt). Contoh penulisan judul:

 

 
4. Abstrak dan Kata Kunci
Abstract menjelaskan esensi isi keseluruhan tulisan dan di dalamnya tidak terdapat kutipan pustaka. Abstract ditulis dalam bahasa inggris yang baik dan benar dan berkisar 200 - 300 kata, jenis huruf Times New Roman ukuran 10, ditulis dengan huruf miring, jarak antar baris spasi yaitu 1. Kata kunci, maksimal 5 kata atau frase dan ditulis tepat dibawah abstract yang menggambarkan isi abstrak dan berbahasa inggris. Kata kunci ditulis secara alfabetis.

5. Naskah Utama
     Penulisan sub judul utama (Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih dan Daftar Pustaka) menggunakan huruf kapital semua, jenis huruf Times New Roman, ukuran font 12, tanpa nomor, dicetak tebal dan diletakkan di tengah serta jarak ke atas dan ke bawahnya adalah 12 pt. Untuk sub-sub judul atau sub-sub bab, sama seperti sub judul utama tetapi hanya di awal kata yang diberi kapital dan diletakkan di pinggir kiri.
    Pendahuluan, berisikan latar belakang permasalahan, mengapa penelitian dilakukan, perumusan dan pemecahan masalah, status ilmiah (state od the art) penelitian-penelitian terdahulu dan didukung oleh pustaka yang relevan serta diakhiri dengan tujuan.
    Bahan dan Metode, menjelaskan bagaimana penelitian dilakukan guna mencapai tujuan. Bahan dan peralatan yang digunakan dalam penelitian dituliskan dengan jelas dan singkat. Spesifikasi peralatan yang digunakan ditulis dengan lengkap dan jelas. Jika menggunakan metode yang sama dengan penelitian yang telah dipublikasikan, sumber rujukan harus dituliskan.
    Hasil dan Pembahasan, berisikan data yang diperoleh, hasil analisa data, temuan-temuan yang spesifik dari penelitian tersebut dan perbandingan dengan penelitian-penelitian terdahulu, dan disajikan secara berurutan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tersebut.
Pembahasan penelitian sebaiknya mencantumkan sumber-sumber rujukan/pustaka yang ada. Tabel dan gambar disajikan pada halaman terpisah dari naskah utama. Dalam naskah utama, nomer dan judul tabel/gambar ditulis pada paragraf dimana tabel/gambar ingin ditampilkan. Hindari penyajian gambar dan tabel dari data yang sama.
   Kesimpulan, mencantumkan kesimpulan dari penelitian yang relevan dengan tujuannya serta disajikan dalam bentuk paragraf.
   Ucapan terima kasih (opsional), jika diperlukan mencantumkan nama lembaga/institusi yang menyediakan dana atau fasilitas penelitian, atau nama orang yang telah memberikan konstribusi penting dalam penelitian.

6. Gambar dan Tabel
Gambar dan tabel harus dirujuk di dalam badan teks. Selain di file utama (full paper), gambar dan tabel juga dibuat pada file terpisah.

Contoh pada naskah:


Contoh pada halaman tabel:


Tabel dibuat dengan judul yg diberi nomor diatasnya (jarak 3 pt antara judul tabel dengan tabel) dan tanpa garis vertikal.

Apabila ukuran gambar terlalu besar, file tersebut dapat dikirimkan bersamaan dengan file naskah utama dalam bentuk .jpg, .jpeg, .png, .wmf atau .tiff (disarankan dalam bentuk .tiff agar gambar lebih tajam) dan dikompres dalam bentuk .rar atau .zip. Untuk grafik, hindari penggunaan grafik yang menggunakan legenda dan badan grafik berdasarkan perbedaan gradasi warna. Gunakan legenda dan badan grafik berdasarkan perbedaan simbol atau arsiran.

Judul gambar dan tabel diberikan nomer sesuai dengan urutan penyajian dalam naskah utama. Judul gambar/tabel sebaiknya bersifat informatif sehingga mampu pembaca dapat memahami isi dari tabel/gambar tersebut. Jarak judul gambar adalah 3 pt setelah gambar, sedangkan jarak judul tabel adalah 3 pt sebelum tabel.

7. Daftar Pustaka
Daftar Pustaka, mencantumkan pustaka-pustaka yang relevan, bermutu dan mutakhir yang dirujuk dalam penulisan naskah utama. Daftar pustaka disajikan berdasarkan urutan alfabet dari nama akhir penulis. Nama pengarang ditulis diawali dengan nama keluarga/nama akhir diikuti dengan huruf pertama nama pertama (singkatan) pengarang. Jika terdapat beberapa pustaka yang ditulis oleh penulis yang sama dan diterbitkan dalam tahun yang sama, huruf `a`, `b` dan seterusnya dituliskan dibelakang tahun.

Contoh penulisan daftar pustaka:
Jurnal ilmiah:
Park KJ, Choi MH, Hong JH. 2002. Control of Composting Odour Using Biofiltration. Compost Science and Utilization. 10(4): 356-362.
Buku:
Strunk Jr W, White EB. 2000. The Elements of Style, fourth ed. Longman, New York.
Bab dalam buku:
Mettam GR, Adams LB, 2009. How to prepare an electronic version of your article, in: Jones, B.S., Smith , R.Z. (Eds.), Introduction to the Electronic Age. E-Publishing Inc., New York, pp. 281–304.

8. Informasi Lain
Informasi lain berkaitan dengan penulisan jurnal antara lain:

  1. Kata atau kalimat dalam bahasa asing ditulis miring
  2. Nama organisme harus diikuti dengan nama ilmiahnya secara lengkap pada pengungkapan pertama
  3. Singkatan pertama kali ditulis di dalam kurung setelah kata-kata yang disingkatnya. Setelah itu, dapat digunakan singkatan tersebut pada kalimat-kalimat selanjutnya
  4. Penulisan angka menggunakan US System dengan tanda titik (.) sebagai desimal dan tanda koma (,) sebagai ribuan. Misal. 1,000,000 menyatakan satu juta dan 1.5 menyatakan lima belas per sepuluh
  5. Sistem satuan yang digunakan adalah SI unit
  6. Simbol atau notasi ditulis menggunakan huruf miring dan disertai keterangannya pada pengungkapan pertama
  7. Persamaan atau rumus diberi nomor urut yang dituliskan di belakang persamaan dan di dalam tanda kurung
  8. Setiap manuskrip atau naskah yang memenuhi kriteria akan dinilai oleh reviewer secara blind review
  9. Redaksi mempunyai hak untuk mengubah dan memperbaiki ejaan, tata tulis dan tata bahasa naskah yang dimuat

 

 

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel atau naskah belum pernah dipublikasi, dan tidak sedang dalam proses pengajuan di jurnal lain.

    The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).

  2. Artikel yang diupload harus ditulis menggunakan ekstensi .docx (Microsoft Word).

    The submission file must have extension of .docx (Microsoft Word).
  3. Artikel atau naskah sudah mengikuti petunjuk dan peraturan penulisan (author guidelines) yang ditetapkan oleh JSIL.

    The submission has been followed the author guidelines of JSIL.
  4. Artikel atau naskah yang diupload terdiri dari 4 file dengan format:
    1. [Nama Penulis Pertama] - Full Paper.docx
    2. [Nama Penulis Pertama] - Text.docx
    3. [Nama Penulis Pertama] - Figures.docx
    4. [Nama Penulis Pertama] - Tabels.docx 

    The submissions which must be uploaded consist of 4 files with the format following:
    1. [First Author Name] - Full Paper.docx
    2. [First Author Name] - Text.docx
    3. [First Author Name] - Figures.docx
    4. [First Author Name] - Tables.docx

  5. Penulis bersedia mengikuti ketentuan yang berlaku di JSIL dan bersedia melakukan perbaikan dalam kurun waktu kurang dari 5 hari.

    Authors are willing to follow JSIL requirements and willing to revise submissions no more than 5 days.