KATA PENGANTAR

  • Yopi Novita

Abstract

KATA PENGANTAR

Segenap tim redaksi mengucapkan syukur Alhamdulilah atas terbitnya Jurnal Marine Fisheries Volume 8 No. 1 Edisi Mei 2017. Pada edisi kali ini terdapat beberapa tema penelitian, yaitu pengelolaan perikanan tangkap, teknologi alat penangkapan ikan, dan sosial ekonomi perikanan tangkap. Naskah dengan tema pengelolaan diantaranya adalah Sistem pemanfaatan ikan tuna di Nusa Tenggara; Pola musim penangkapan cumi-cumi di perairan luar dan dalam daerah penambangan timah Kabupaten Bangka Selatan, dan Seleksi komoditas dan teknologi penangkapan ikan unggulan di kabupaten kepulauan anambas. Adapun naskah yang bertemakan teknologi diantaranya adalah Respons dan adaptasi ikan teri (stolephorus sp.) terhadap lampu light emitting diode (LED), Respons ikan zebra ekor hitam (dascyllus melanurus) terhadap penggunaan anaestesi minyak cengkeh sebagai alat bantu penangkapan pada skala laboratorium, Light emitting diode (LED) hijau dan pengaruhnya terhadap pengurangan bycatch penyu pada perikanan gillnet di Perairan Paloh. Adapun naskah yang bertemakan sosial ekonomi berjudul Pola usaha masyarakat nelayan di Desa Majakerta, Kecamatan Balongan-Kabupaten Indramayu, dan Kinerja kelompok usaha bersama (KUB) nelayan gillnet di Barsela Aceh.

Tim redaksi mengucapkan terima kasih kepada penulis yang telah mempercayakan naskahnya untuk diterbitkan pada jurnal yang kami kelola. Serta tim redaksi pun menghaturkan terima kasih dan penghargaan yang setingg-tingginya kepada mitra bestari yang telah banyak membantu, sehingga Jurnal Marine Fisheries pada edisi ini dapat terbit.

Semoga kehadiran Jurnal Marine Fisheries dapat menjadi rujukan bagi pemangku kebijakan dan peneliti. Saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan untuk peningkatan kualitas penerbitan Marine Fisheries pada edisi selanjutnya. 

 

Tim Redaksi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yopi Novita
Jurnal  Teknologi  dan  Manajemen  Perikanan  Laut
Published
2017-08-11