Perkembangan Pendidikan Ilmu Perpustakaan Indonesia: Dari Masa Ke Masa

  • Wahid Nashihuddin

Abstract

Abstrak

Pustakawan memiliki peran mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan menyediakan sumber-sumber informasi yang berkualitas dan belajar semaksimal mungkin di sekolah ilmu perpustakaan. Dengan cara tersebut, pustakawan diharapkan dapat memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja sehingga dapat memajukan lembaga perpustakaan. Di Indonesia,  saat ini sudah memiliki sekitar 32 universitas yang menyelenggarakan program pendidikan (prodi) ilmu perpustakaan, mulai dari program diploma maupun sarjana.

Dengan dibukanya prodi ilmu perpustakaan di berbagai universitas, diharapkan banyak orang yang mau belajar
agar dapat melahirkan para pustakawan yang kompeten dan profesional di bidangnya. Kajian ini mendeskripsikan tentang perkembangan ilmu perpustakaan, program pendidikan ilmu perpustakaan dan informasi di Indonesia, kompetensi pustakawan yang sesuai dengan kurikulum  internasional pendidikan ilmu perpustakaan.

Keywords:  Library and information science; Librarian competence; Library education; Universities; Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-12-09
How to Cite
Nashihuddin, W. (2014). Perkembangan Pendidikan Ilmu Perpustakaan Indonesia: Dari Masa Ke Masa. Jurnal Pustakawan Indonesia, 13(1). Retrieved from http://journal.ipb.ac.id/index.php/jpi/article/view/8771