PENURUNAN METABOLISME IKAN NILA (Oreochromis niloticus) PADA PROSES TRANSPORTASI MENGGUNAKAN EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI (Psidium guajava var. pyrifera)

Ruddy Suwandi, Roni Nugraha, Wina Novila

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mempelajari efektivitas dan menentukan konsentrasi ekstrak daun jambu biji (Psidium guajava var. pyrifera) dalam menghambat laju ekskresi ikan nila (Oreochromis niloticus) selama transportasi sistem basah. Ekstrak daun jambu biji dengan berbagai konsentrasi (0%; 0,5%; 0,75% dan 1%) ditambahkan pada media ikan hidup. Perubahan kualitas air diamati selama 2 jam. Nilai LC50 ekstrak daun jambu biji daging buah putih adalah 4,15%. Ekstrak daun jambu biji dapat menurunkan laju metabolisme ikan, yang diindikasikan dengan penurunan kadar CO2 (22%) dan TAN (78,6%) selama 2 jam waktu transportasi. Nilai ekskresi CO2 dan TAN pada ikan yang diberi perlakuan ekstrak daun jambu biji lebih rendah dibandingkan ikan yang tidak diberi perlakuan, namun nilai turbiditas lebih tinggi diakibatkan adanya partikel terlarut dari ekstrak. Hasil penelitian menunjukkan ekstrak daun jambu biji mampu menghambat laju ekskresi ikan nila.

Authors

Ruddy Suwandi
rdsuwandi@yahoo.com (Primary Contact)
Roni Nugraha
Wina Novila
SuwandiR., NugrahaR., & NovilaW. (2012). PENURUNAN METABOLISME IKAN NILA (Oreochromis niloticus) PADA PROSES TRANSPORTASI MENGGUNAKAN EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI (Psidium guajava var. pyrifera). Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 15(3), 252-260. https://doi.org/10.17844/jphpi.v15i3.21437

Article Details