Editorial Policies

Focus and Scope

TUJUAN JMO

JMO bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian dan review dari kalangan akademisi maupun non akademisi mengenai keuangan, pemasaran, managemen produksi dan operasional, dan managemen sumber daya manusia dalam bentuk jurnal ilmiah.

 

CAKUPAN JMO

JMO mencakup topik penelitian managemen yang luas, antara lain: keuangan, pemasaran, managemen produksi dan operasional, dan managemen sumber daya manusia untuk segala jenis industri dan di segala level usaha (usaha mikro, kecil, menengah maupun besar).

 

Section Policies

 

Peer Review Process

LATAR BELAKANG

Jurnal Managemen dan Organisasi harus memastikan bahwa semua karya yang dipublikasikan mengikuti prinsip-prinsip etika pada penerbitan akademis. Oleh karena itu disusun ethics policy untuk menciptakan lingkungan yang kondusif dan menghindari masalah yang mungkin timbul karena konflik tertentu. Dokumen ini menyajikan kebijakan Jurnal Managemen dan Organisasi dalam hal ethic policy sebagai pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan jurnal.

 

PUBLIKASI DAN PENULIS

Seluruh penulis harus memenuhi syarat untuk kepenulisan. Syarat tersebut terbatas pada orang yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi,desain,pelaksanaan, akuisisi data, analisa data atau interpretasi naskah. Pihak lain yang telah berpartisipasisi dalam aspek-aspek penting tertentu dari penelitian namun tidak memenuhi syarat sebagai penulis, maka pihak tersebut harus diakui. Artikel merupakan tanggung jawab penulis, ia harus memastikan bahwa semua pembantu penulis sudah dimasukan dalam naskah.

 

TANGGUNG JAWAB PENULIS

Penulis diwajibkan untuk mengikuti proses review yang ditetapkan oleh Jurnal Managemen dan Organisasi. Penulis bertanggung jawab untuk menyediakan data asli dan akurat (tidak ada plagiat, tidak ada data palsu) mengenai naskah yang diserahkan, dan menyediakan data ketika diminta. Pada saat mereproduksi data dari sumber lain, kutipan harus tepat dan memperoleh izin yang diperlukan. Setiap potensi konflik kepentingan harus dinyatakan termasuk keuangan, pribadi, atau lainnya hubungan dengan orang lain atau organisasi yang berhubungan yang mempengaruhi pekerjaan. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek penelitian dan sponsor studi (jika ada) bersama dengan peran mereka dalam penelitian, harus diungkapkan dalam Pengakuan. Penulis diminta untuk bersedia mempublikasikan koreksi, klarifikasi, retraksi dan permintaan maaf bila diperlukan.

 

TANGGUNG JAWAB REVIEWER

Reviewer diminta untuk membantu dalam meningkatkan kualitas naskah melalui proses peninjauan naskah dalam jangka waktu yang dijadwalkan, dan berkontribusi pada proses pengambilan keputusan. Jika reviewer menemukan publikasi naskah dengan yang mirip dengan yang sedang di-review, maka editor harus diberitahu. Reviewer tidak boleh memiliki konflik kepentingan sehubungan dengan penelitian, penulis dan / atau penyandang dana penelitian. Kerahasiaan dari informasi yang diberikan oleh editor atau penulis harus dipertahankan.

 

TANGGUNG JAWAB EDITOR

Editor memiliki tanggung jawab dan kewenangan untuk menerima atau menolak sebuah artikel. Editor tidak boleh memiliki konflik kepentingan berkaitan dengan artikel yang diterima atau ditolak. Editor harus obyektif dan adil dalam melaksanakan tugas tanpa membuat diskriminasi gender, etnis, agama, pandangan politik atau asal geografis dari penulis. Editor juga harus menerima naskah atas dasar prestasi akademis dan tanpa pengaruh komersial. Anonimitas reviewer harus dipelihara oleh editor.

 

ETIKA PENERBITAN

Penulis, reviewer dan editor harus menjaga integritas catatan akademik selama proses publikasi. Aspek bisnis tidak boleh mengorbankan standar intelektual dan etika.

 

Publication Frequency

Jurnal Manajemen dan Organisasi terbit setahun 3 (tiga) kali yaitu pada bulan April, Agustus, dan Desember

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...