Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Hortikultura Indonesia?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

AUTHOR GUIDELINES

Indonesian Journal of Horticulture 2015

For Download, copy this address into new window !!

http://journal.ipb.ac.id/index.php/jhi/article/view/9578/pdf

or Authors are unable to submit electronically could send the files to email : jhi.perhorti@gmail.com



PEDOMAN PENULISAN
JURNAL HORTIKULTURA INDONESIA


Jurnal Hortikultura Indonesia merupakan media untuk publikasi tulisan asli yang berkaitan dengan budidaya tanaman hortikultura secara luas, dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

Naskah dapat berupa: hasil-hasil penelitian mutakhir (paling lama 5 tahun terakhir), ulasan (review) singkat, analisis kebijakan atau catatan penelitian singkat (research note) mengenai teknik percobaan, alat, pengamatan, hasil awal percobaan (preliminary result).

Naskah yang diterima adalah naskah yang belum pernah dimuat atau tidak sedang dalam proses publikasi dalam jurnal ilmiah nasional maupun internasional lainnya.

 

FORMAT

         Agar naskah dapat dipublikasikan, penulis diharapkan untuk mengikuti format yang telah ditentukan. Naskah termasuk Abstrak diketik satu kolom dan dua spasi pada kertas HVS ukuran A4 (21 cm x 29.7 cm) dengan pias 3 cm, huruf Times New Roman berukuran 12 point. Naskah diketik dengan program Microsoft Word (doc.).

         Setiap halaman diberi nomor secara berurutan, maksimal 15 halaman termasuk tabel dan gambar. Tabel dan gambar disajikan di bagian naskah (disatukan dengan naskah). Naskah berupa print out 3 eksemplar dan soft file, dapat dikirimkan melalui:

 

Jurnal Hortikultura Indonesia

Perhimpunan Hortikultura Indonesia

Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian IPB

Jl.Meranti, Kampus IPB Darmaga, Bogor 16680, Wing 8 Level 3

 Telpon/fax           : (0251) 8422 889

 E-mail                  : jhi.perhorti@gmail.com

 Website               : www.perhorti.or.id

 

 SUSUNAN NASKAH

Halaman pertama dari naskah terdiri atas:

-        Judul

-        Nama lengkap penulis (beri tanda * pada penulis untuk korespondensi)

-        Alamat dan afiliasi penulis (termasuk nomor telepon/fax dan e-mail penulis untuk korespondensi)

Halaman ke dua terdiri atas:

-        Judul

-        Abstrak (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris)

-        Kata kunci

Harap tidak menuliskan nama dan identitas penulis pada halaman ini.

Halaman selanjutnya terdiri atas:

  1. Pendahuluan
  2. Bahan dan Metode
  3. Hasil dan Pembahasan
  4. Tabel
  5. Gambar dan legenda gambar
  6. Kesimpulan
  7. Ucapan Terima Kasih (bila ada)
  8. Daftar Pustaka

 

         Naskah berupa ulasan, analisis kebijakan, dan catatan penelitian tidak harus ditulis menurut susunan naskah hasil penelitian. Ketentuan untuk naskah berupa catatan penelitian adalah maksimum 5 halaman termasuk tabel dan gambar. Pendahuluan dan metode ditulis singkat, dan tanpa abstrak.

 

DESKRIPSI TIAP BAGIAN NASKAH

 

Halaman Judul

         Judul dicetak tebal (bold) dengan huruf kapital pada setiap awal kata, kecuali kata sambung. Judul maksimum terdiri atas 12 kata (tanpa kata sambung). Naskah dalam Bahasa Indonesia harus disertai judul dalam Bahasa Inggris yang dicetak tebal (bold) dan miring (italic).

         Di bawah judul, ditulis nama lengkap (tidak disingkat) semua penulis beserta nama dan alamat lembaga afiliasi penulis. Beri tanda * pada nama penulis untuk korspondensi. Alamat untuk korespondensi dilengkapi dengan kode pos, nomor telepon dan HP, faksimile, dan e-mail.

 

Contoh penulisan Judul dan Nama Penulis:

Pengaruh Naungan Tegakan Pohon Terhadap Pertumbuhan dan Produktivitas Beberapa Tanaman Sayuran Indigenous

The Effect of Shade  on Growth and Productivity of Several  Indigenous Vegetable

Rina Ekawati1*, Anas D. Susila1, dan Juang G. Kartika1

1Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor

Jl. Meranti Kampus IPB Darmaga, Bogor 16680, Indonesia

 

Abstract dan Keywords    

         Halaman ke dua terdiri atas Judul, Abstract dan Keywords. Identitas penulis tidak boleh disertakan pada halaman ini. Abstract adalah paragraf yang berdiri sendiri dan harus mencakup tujuan, metode, dan hasil secara ringkas. Tidak ada kutipan pustaka di dalam Abstract.

             Abstract ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, satu paragraph, maksimum 200 kata, dan diketik dalam dua spasi. Keywords (kata kunci) ditulis setelah abstract, maksimum 5 kata selain kata dalam judul.

 

TEKS

         Awal paragraf dimulai 5 indent dari sisi kiri naskah. Penulisan sub judul (PENDAHULUAN, BAHAN DAN METODE, HASIL DAN PEMBAHASAN, KESIMPULAN, UCAPAN TERIMA KASIH, dan DAFTAR PUSTAKA) ditulis di tengah dengan huruf kapital dan tidak menggunakan nomor. Sub-sub judul ditulis di kiri halaman dengan cetak miring (italic) dan huruf kapital di setiap awal kata.

         Nama organisme harus diikuti dengan nama ilmiahnya secara lengkap pada pengungkapan pertama. Nama ilmiah ditulis miring, sedangkan nama penulis dari nama ilmiah dan kata seperti var. ditulis tegak. Contoh: Elaeis guineensis Jacq. Singkatan pertama kali ditulis dalam kurung setelah kata-kata yang disingkatnya.

         Penulisan satuan menggunakan Standar Internasional (SI). Eksponen negatif digunakan untuk menyatakan satuan penyebut. Contoh: mg L-1, bukan mg/L. Satuan ditulis menggunakan spasi setelah angka, kecuali untuk menyatakan persen. Contoh: 37 0C, bukan 370C; 0.8%, bukan 0.8 %. Penulisan desimal menggunakan titik (bukan koma). Seluruh tabel dan gambar harus dirujuk dalam teks.

 

DAFTAR PUSTAKA

Ketentuan untuk pustaka sebagai rujukan adalah:

  1. sumber pustaka primer: jurnal, paten, disertasi, tesis, prosiding, dan buku teks, yang ditulis dalam 10 tahun terakhir
  2. proporsi jurnal minimal 60%
  3. membatasi jumlah pustaka yang mengacu pada diri sendiri (self citation)
  4. sangat diharapkan untuk merujuk pada naskah yang telah diterbitkan di Jurnal Hortikultura Indonesia
  5. sebaiknya dihindari: penggunaan pustaka di dalam pustaka, buku populer, dan pustaka dari internet kecuali jurnal dan dari instansi pemerintah atau swasta
  6. makalah yang dipresentasikan di suatu seminar atau simposium tetapi tidak dipublikasi dalam suatu prosiding atau media publikasi ilmiah lain tidak diperbolehkan sebagai rujukan
  7. abstrak tidak diperbolehkan sebagai rujukan

 

Pustaka di dalam teks. Pustaka ditulis menurut nama akhir (nama keluarga) dan tahun. Jika penulis lebih dari dua orang, maka ditulis nama penulis pertama diikuti dengan et al. Yang dicetak miring (italic). Contoh:

 

Manurung et al. (2007), terdapat beberapa sayuran indigenous yang berpotensi dikembangkan di bawah naungan dengan tingkat naungan sedang, diantaranya adalah bayam, kangkung, terung, cabai, tomat, kacang panjang, dan katuk.

 

Daftar pustaka. Daftar pustaka ditulis berdasarkan urutan alfabet dari nama akhir penulis pertama. Pustaka dengan nama penulis (kelompok penulis) yang sama diurutkan secara kronologis. Apabila ada lebih dari satu pustaka yang ditulis penulis (kelompok penulis) yang sama pada tahun yang sama, maka huruf ’a’, ’b’ dan seterusnya ditambahkan setelah tahun.

Beberapa contoh penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut:

Jurnal

Save, R.S., J. Penuelas, O. Marva, L. Serrano. 1993. Changes in leaf osmotic and elastic properties and canopy structure of strawberries under mild water stress. Hort. Sci. 28: 925-927.

Bron, I.U., A.P. Jacomino. 2006. Ripening and quality of ’Golden’ papaya fruit harvested at different maturity stages. Braz. J. Plant Physiol. 18(3): 389-396.

Buku

Kader, A.A. 1992. Postharvest Biology and Technology of Horticultural Crops. University of California, Davies.

Bab dalam Buku

Desai, U.T., N. Wagh. 1995.  Papaya. p. 297-313. In D.K. Salunkhe, S.S. Kadum (eds.).  Handbook of Production, Composition, Storage and Processing.  Marcel Dekker, Inc.

Prosiding

Suketi, K., W.D. Widodo, K.D. Purba. 2007. Kajian daya simpan buah pepaya. hal. 300-305.  Dalam N. Rostini, T. Nurmala, A. Karuniawan, A. Nuraini, S. Amien, D. Ruswandi, W.A. Qosim (eds.). Prosiding Seminar dan Kongres IX Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI). Pengembangan dan Optimalisasi Produksi Komoditas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Bioenergi.  Bandung, 15-17  November 2007.

Lembaga atau Organisasi sebagai pengarang

[IAEA] International Atomic Energy Agency. 2009. Induced Mutation in Tropical Fruit Trees. Plant Breeding and Genetic Section. Vienna. IAEA-TECDOC-1615

Disertasi/Tesis

Dorly. 2009. Studi struktur sekretori getah kuning dan pengaruh kalsium terhadap cemaran getah kuning pada buah manggis (Garcinia mangostana L.). Disertasi. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor. 134 hal.

Internet

Exportation of plant under CITES. 2006.  http://agrolink.moa.my/pqnet/Export/cites.htm. [10 Desember 2006].

 

Tabel

Tabel berukuran lebar maksimal 166 mm. Penomoran tabel adalah berurutan. Judul tabel ditulis singkat namun lengkap. Judul dan kepala tabel menggunakan huruf kapital pada awal kalimat. Garis vertikal tidak boleh digunakan. Catatan kaki menggunakan angka dengan kurung tutup dan diketik superscript. Tanda bintang (*) atau (**) digunakan untuk menunjukkan tingkat nyata berturut-turut pada taraf 95% dan 99%. Jika digunakan taraf nyata yang lain, gunakan simbol tambahan. Contoh penulisan tabel dan judulnya:

 

Tabel 4.  Rata-rata jumlah bunga per tanaman dan persentase bunga gugur pada tanaman stroberi selama dua periode panen

Perlakuan

Jumlah Bunga

% Bunga Gugur

Drip setiap hari

43.4 a

65.8

Drip dua hari sekali

42.3 a

61.6

Manual setiap hari

42.0 a

61.2

Manual dua hari sekali

37.3 b

60.2

Keterangan:  Angka-angka yang diikuti oleh huruf yang berbeda pada kolom yang sama adalah berbeda nyata pada uji DMRT taraf 5%

 

Gambar

Gambar dan ilustrasi harus menggunakan resolusi tinggi dan kontras yang baik dalam format JPEG, PDF atau TIFF. Resolusi minimal untuk foto adalah 300 dpi (dot per inch), sedangkan untuk grafik dan line art adalah 600 dpi. Gambar hitam putih harus dibuat dalam mode grayscale, sedangkan gambar berwarna dalam mode RGB. Gambar dibuat berukuran lebar maksimal 80 mm (satu kolom), 125 mm (satu setengah kolom), atau 166 mm (dua kolom).

 

Figure. 2.      Bands of extracellular protein from  Foc isolates viewed with SDS-PAGE method. Lane (M) marker, (1) Bnt1, (2) Bnt2, (3) Btu3, (4) Wsb3, (5) Lmp3, and (6) Kjg1 isolates.                                                                   

Gambar dianjurkan hitam putih. Apabila ingin mencantumkan gambar berwarna, biaya cetak dibebankan kepada penulis. Keterangan di dalam gambar harus jelas. Jika ukuran gambar diperkecil maka semua tulisan harus tetap dapat terbaca.

 

Prosedur Publikasi

         Seluruh naskah yang diterima akan dikirimkan ke Dewan Editor untuk dinilai. Dewan Editor berhak meminta penulis untuk melakukan perbaikan sebelum naskah dikirim ke penelaah. Editor juga berhak menolak naskah jika naskah tidak sesuai dengan format yang telah ditentukan.

         Naskah akan ditelaah oleh minimum dua orang ahli di bidang yang bersangkutan. Dewan Editor akan menentukan naskah yang dapat diterbitkan berdasarkan hasil penelaahan. Hasil penelaahan diberitahukan kepada penulis. 

 

Biaya Publikasi

Biaya cetak untuk naskah yang telah disetujui adalah Rp. 750.000. Jika terdapat halaman dengan foto/gambar berwarna maka dikenai biaya tambahan. Penulis akan mendapatkan 5 buah cetak lepas (reprint) dan 1 Jurnal Hortikultura Indonesia untuk 3 edisi sejak naskahnya dicetak.



 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.